HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masyarakat Sri Lanka akan merencanakan aksi protes terhadap Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe yang akan mencalonkan diri jadi presiden. Saat ini, anggota parlemen negara itu tengah memilih beberapa kandidat untuk kursi pemimpin.

Dilansir dari Reuters, Selasa (19/7), salah satu kandidat Presiden Sri Lanka, Sajith Premadasa mengatakan, ia akan mengambil keputusan yang tepat dan menyelamatkan negaranya.

“Saya ingin warga Sri Lanka paham bahwa saya akan mengambil keputusan yang benar untuk menyelamatkan tanah kelahiranku, serta memperjuangkan hak-hak masyarakat Sri Lanka,” kata Premadasa.

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa sendiri tengah melarikan diri negaranya untuk menghindari amukan massa yang menyalahkannya atas krisis ekonomi yang terjadi.

Setelah menyerahkan surat pengunduran diri, Perdana Menteri Ranil Wickremeshinge otomatis menggantikan sementara kursi kepresidenan.

Ternyata, Ranil juga turut mencalonkan diri menjadi presiden, sehingga kemudian menjadi sebuah keputusan yang dikecam oleh masyarakat Sri Lanka.

Sama seperti Rajapaksa, warga Sri Lanka juga turut menyalahkan Ranil atas krisis dan kesengsaraan yang dirasakan para masyarakat.

Sri Lanka mengalami krisis ekonomi terparah sejak merdeka dari Britania Raya di tahun 1948. Inflasi meningkat hingga 50%, kekurangan makanan, bahan bakar, obat-obatan, dan lain-lain.