HOLOPIS.COM, JAKARTA – Teka – teki kehadiran Hyundai di Indonesia mulai terjawab dengan pengumuman spesifikasi yang terlihat di website resmi PT Hyundai Motor Indonesia. Spesifikasi Hyundai Stargazer ini diperkirakan miliki rating sama dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Mitsubishi Xpander.

Mobil segmen LMPV (Low MPV) 7-penumpang ini memiliki dimensi (PxLxT) 4.460 x 1.780 x 1.695 mm dengan wheelbase 2.780 mm.

Mesin yang digunakan Hyundai Stargazer yakni mesin berbahan bensin dengan konfigurasi 4-silinder 1.497 cc 16 katup MPI (Multi Point Injection). Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 115 dk/6.300 rpm dan torsi puncak 144 Nm/4.500 rpm.

Hyundai Stargazer
Wireless Charger yang tersedia di Hyundai Stargazer. (Hyundai Indonesia)

Pilihan transmisi ada dua pilihan, yakni transmisi manual atau otomatis yang diberi nama Intelligent Variable Transmission (IVT). IVT merupakan transmisi dengan CVT biasa, namun sabuk rantai baja atau chain belt, bukan seperti CVT lain yang memakai belt pelat baja.

Hyundai memiliki menggunakan rantai baja karena lebih kuat dan minim perawatan dibanding belt pelat baja yang biasa.

Beralih kebagian exterior, Hyundai memasangkan velg denga diameter 15 inci yang memiliki lebar 5,5 inci. Ban yang digunakan, berukuran 85/65R15.

Hyundai Stargazer
Hyundai Smart sense Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) di Hyundai Stargazer. (Hyundai Indonesia)

Kemudahan bags penggunannya juga Siberian Hyundai, mulai dari seatback table, wireless smartphone charger, 4,2 inci TFT Color LCD Cluster, dan head unit 8 inci dengan konektivitas smartphone.

Seperti mobil – mobil baru lainnya, Hyundai juga punya sistem keamanan di Hyundai Stargazer yakni Hyundai SmartSense, seperti Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Teknologi Bluelink yang ada di Hyundai Stargazer ini, bisa membantu pemiliknya untuk mengakses sejumlah fitur canggih dan informasi penting mobil melalui smartphone serta terhubung dengan layanan call center Hyundai 7×24 jam saat terjadi kondisi darurat.

Hyundai Stargazer hadir Dalam 6 varian dengan piliha 6 dan 7 kursi, yakni, Active M/T, Active IVT, Trend MT, Trend IVT, Style IVT, dan Prime IVT.