HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Airlangga Hartarto mengungkapkan, kawasan Pulau Jawa-Bali saat ini menjadi kawasan dengan mayoritas penularan virus corona (Covid-19) tertinggi.

Tercatat sebanyak 95 persen sebaran kasus Covid-19 berasal dari Pulau Jawa dan Bali.

“Penambahan kasus yang tertinggi masih di Jawa-Bali, merepresentasikan hampir 95 persen,” kata Airlangga, Senin (18/7).

Per Senin (18/7), terhitung kasus Covid-19 di Indonesia bertambah 3.393 kasus dengan Jawa-Bali sebanyak 3.273 kasus.

Sementara itu, di Jawa dan Bali kasus kumulatif hingga Senin (18/7) menyentuh angka 4.152.214 kasus. Dari angka itu, Jawa-Bali menyumbang 67,6 persen jumlah kasus positif dari 6.138.346 kasus secara nasional.

“Kami melihat beberapa untuk di luar Jawa Bali itu kasus yang relatifnya masih rendah dan landai, yang aktif masih di Sumut, Kalsel, Kaltim, Sumsel, Sulsel, dan Kalteng,” tambah Airlangga.

Berdasarkan hasil evaluasi, untuk kawasan luar Jawa-Bali masih dalam kategori PPKM level 1, namun untuk kawasan Sorong, Papua Barat masuk dalam kategori PPKM level 2.

“Kemudian dari hasil evaluasi, seluruhnya di luar Jawa Bali PPKM-nya masih level 1 seperti yang telah kita putuskan sampai akhir bulan ini dan yang di level 2 hanya di Sorong, Papua Barat,” pungkasnya.