Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kenali Prosopagnosia atau ‘Buta Wajah’, Penyakit yang Diderita Brad Pitt

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aktor Hollywood Brad Pitt membeberkan bahwa ia menderita kondisi Prosopagnosia atau ‘buta wajah.’ Meskipun ia belum didiagnosa secara resmi, tetapi mantan suami Angelina Jolie ini ternyata sudah lama tidak bisa mengenali wajah orang.

Dilansir dari doktersehat, Prosopagnosia atau buta wajah adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengenali wajah orang lain. Kebanyakan penderita bahkan tidak bisa mengenali wajah orang-orang terdekatnya termasuk anggota keluarga.

Masalah ini dikarenakan gangguan atau kerusakan lipatan pada otak yang disebut right fusiform gyrus. Area otak tersebut berperan penting dalam mengoordinasikan sistem saraf yang mempengaruhi memori dan persepsi wajah.

Apa Saja Gejala Prosopagnosia?

Meskipun tak bisa mengenali wajah orang, kondisi ini tidak memiliki kaitan dengan kehilangan memori.

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, Prosopagnosia bervariasi dalam tingkat keparahan. Beberapa orang dengan kondisi tersebut mungkin mengalami kesulitan mengenali wajah yang dikenalnya, bahkan tidak dapat membedakan antara wajah dan objek.

Gejala Prosopagnosia:

  • Ketidakmampuan mengenali atau membedakan wajah.
  • Sangat kesulitan mengenali orang yang hadir dalam lingkungan atau kondisi yang berbeda dari biasanya.
  • Sulit mengenali wajah orang yang sering mereka temui

Saat ini, tidak ada obat untuk menangani Prosopagnosia, namun ada perawatan yang fokus untuk menemukan cara mengenali orang lain. Seperti fokus pada petunjuk visual atau verbal. Bisa juga mengenali rambut orang, tinggi badan, suara, dll.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru