Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaNewsEkobizIMF Apresiasi Pertemuan FMCBG G20 di Bali

IMF Apresiasi Pertemuan FMCBG G20 di Bali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Organisasi Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) mengapresiasi kinerja pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan Finance Ministers & Central Bank Governors’ Meeting (FMCBG) G20 yang telah berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Apresiasi itu disampaikan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (17/7) kemarin.

“Bu Kristalina sangat menghargai bahwa Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah untuk G20 finance track menteri-menteri keuangan dan gubernur bank sentral yang ketiga di Bali pada situasi dunia yang sedang tidak mudah, makin menantang,” ujar Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani yang kala itu mendampingi Jokowi.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun menjelaskan tantangan yang dimaksud Kristalina, yakni pertemuan yang berlangsung di tengah kondisi perang antara Rusia dan Ukraina, di mana banyak negara yang terkena dampak dari perang tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

Diketahui, dampak dari adanya perang antara Rusia dan Ukraina menimbulkan kenaikan harga komoditas pangan dan energi di pasar Internasional, yang memicu kenaikan inflasi di berbagai negara.

“Kenaikan harga komoditas seperti pangan dan energi dan ini menyebabkan inflasi di banyak negara meningkat secara tinggi,” lanjutnya.

“Ini menjadi ancaman yang sangat nyata bagi banyak-banyak negara yang sekarang menghadapi krisis pangan dan krisis energi,” imbuh salah satu Menteri terbaik Kabinet Indonesia Maju tersebut.

Adapun pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara anggota G20 kemarin membahas cara menyinkronkan kebijakan fiskal dan moneter.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Dalam Sepekan, Modal Asing Rp 780 Miliar Minggat dari RI

Bank Indonesia (BI) mencatat arus modal keluar atau capital outflow dalam sepekan terakhir cukup besar. Tercatat sepanjang pekan ketiga Juni 2024, modal asing yang keluar dari pasar keuangan domestik mencapai Rp 780 Miliar.

Kemenkeu Catat Setoran Pajak Ekonomi Digital Tembus Rp 24,99 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penerimaan negara berupa pajak dari sektor usaha ekonomi digital hingga 31 Mei 2024 berhasil menembus angka Rp 24,99 triliun.

Bitcoin Makin Lesu Gegara Suku Bunga AS

Kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed terhadap suku bunga AS berimplikasi terhadap menurunnya salah satu mata uang kripto, yakni Bitcoin.

BI Catat Uang Beredar Capai Rp 8.965 Triliun di Mei 2024

Bank Indonesia (BI) melaporkan uang beredar dalam arti luas (M2) pada periode Mei 2024 tumbuh lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya.

Harga Emas Antam Hari Ini Terjun ke Level Rp 1.357.000 per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau turun tajam pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 22 Juni 2024.

Cuan Gede, Harga Emas Pegadaian Melejit Jadi Segini

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), baik itu emas Antam maupun emas UBS kompak mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Sabtu 22 Juni 2024.

HOLOPIS FEEDS