Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizBI Klaim Permintaan dan Penyaluran Kredit Perbankan di Juni 2022 Meningkat

BI Klaim Permintaan dan Penyaluran Kredit Perbankan di Juni 2022 Meningkat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengklaim permintaan dan penyaluran kredit perbankan pada Juni 2022 mengalami peningkatan. Klaim itu berdasarkan pada survei yang dilakukan BI guna melihat kinerja perbankan di tengah maraknya tekanan terhadap perekonomian global saat ini.

“Permintaan pembiayaan baru korporasi pada Juni 2022 terindikasi tumbuh meningkat. Penyaluran kredit baru oleh perbankan juga terindikasi tumbuh meningkat, lebih tinggi dari bulan sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/7).

Berdasarkan hasil survei tersebut, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) yang menjadi indikator permintaan pembiayaan naik sebesar 16,4 persen pada Juni 2022. Angka ini lebih tinggi dari SBT bulan sebelumnya yang sebesar 12,1 persen.

Selain itu, SBT penyaluran kredit baru juga tercatat tumbuh sebesar 86,7 persen, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang hanya sebesar SBT 43,0 persen.

Erwin menuturkan, faktor utama yang memengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru tersebut yakni permintaan pembiayaan dari nasabah, serta prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan.

Secara triwulan, Erwin memprediksi penawaran penyaluran kredit baru pada triwulan kedua tahun ini akan tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya.

“Mayoritas rumah tangga memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna. Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi responden untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi, leasing, dan fintech,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.