Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Air Tanah Berumur 1,2 Miliar Tahun Ditemukan di Tambang Afrika Selatan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Air tanah yang diperkirakan berumur 1,2 miliar tahun ditemukan oleh para ilmuan dari Universitas Toronto, Kanada di sebuah tambang di Afrika Selatan.

Tambang emas dan uranium yang dikenal sebagai Moab Khotsong itu terletak 161 kilometer barat daya Johannesburg. Tempat tersebut merupakan lokasi salah satu poros tambang terdalam di dunia.

Menurut para ilmuan, air tanah itu kaya akan konsentrasi tertinggi produk radiogenik, yakni elemen yang dihasilkan oleh radioaktivitas, namun ditemukan dalam cairan.

Kondisi tersebut akan menjadikan situs air tanah itu suatu hari nanti berpotensi berfungsi sebagai sumber energi.

Sebelumnya, juga ditemukan air tanah berusia sekitar 1,8 miliar tahun yang ditemukan selama ekspedisi pada 2013 di tambang Kidd Creek, Ontario.

Dilansir dari Live Science pada Senin (18/7), peneliti di Departemen ilmu Bumi di Universitas Toronto, Oliver Warr mengatakan, mereka punya situs baru.

“Kami sekarang memiliki situs baru yang terletak di suatu tempat berbeda dari penemuan sebelumnya dengan sejarah geologis yang berbeda pula,” jelas Oliver.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru