Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobiz5 Tips Jitu Atur Keuangan di Tengah Lonjakan Harga

5 Tips Jitu Atur Keuangan di Tengah Lonjakan Harga

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dewasa ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan terjadi lonjakan harga di komoditas pangan dan non pangan. Oleh karena itu, Sobat Holopis harus pandai mengatur keuangan.

Apabila Sobat Holopis sudah berkeluarga yang pastinya kebutuhan sehari-hari lebih banyak. Untuk itu Sobat Holopis harus simak beberapa tips di bawah ini untuk membantu mengatur keuangan dalam rumah tangga.

Cara mengatur keuangan rumah tangga :

  1. Catat pendapatan dan pengeluaran

Hal pertama yang bisa dilakukan Sobat Holopis dalam melakukan pencatatan terhadap pemasukan dan juga pengeluaran. Pemasukan disini bisa berupa pendapatan bulanan, insentif upah, keuntungan investasi, dan lainnya. Sedangkan pengeluaran, meliputi pengeluaran kebutuhan pokok, sekunder, hingga tersier.

Pencatatan ini dilakukan agar Sobat Holopis dapat lebih mudah mengira-ngira alokasi dana dalam rumah tangga. Selain itu, cara ini dapat mencegah pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan.

  1. Buat Skala Prioritas

Membuat daftar prioritas belanja selama satu bulan untuk menentukan mana yang harus diutamakan. Cara ini dapat membantu mengatur keuangan rumah tangga dengan efektif. Selain itu, dengan membuat skala prioritas alokasi keuangan Sobat Holopis akan lebih tertata.

  1. Siapkan dana darurat

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan mulus, oleh karena itu Sobat Holopis harus menyiapkan dana darurat. Dana darurat yang dimaksud dapat berupa persiapan PHK, krisis ekonomi berskala besar, kecelakaan, dan lain-lain.

Apabila sudah memiliki dana darurat, ketika musibah tersebut terjadi maka tidak akan mengganggu anggaran rumah tangga yang lainnya. Sobat Holopis dapat menyisihkan 10-20% dari pendapatan bulanan, namun perlu diingat dana ini hanya digunakan saat darurat aja.

  1. Siapkan untuk tabungan, asuransi, dan investasi

Hal ini perlu dilakukan untuk kebutuhan di masa depan, selain dana darurat kebutuhan diluar kebutuhan rutin juga perlu disisihkan. Pendapatan dalam bentuk ini dapat disimpan untuk keperluan sehari-hari di masa depan maupun keperluan mendadak.

  1. Kurangi berhutang

Tagihan hutang bisa menjadi beban yang berat dalam keuangan rumah tangga sehingga mempengaruhi alokasi yang lain. Sebaiknya jika tidak terlalu penting dan mendesak Sobat Holopis kurangi berhutang dan beralih ke tabungan serta perencanaan yang lain. Dianjurkan ketika sudah berhutang tagihannya tidak lebih dari 30% dari penghasilan Sobat Holopis.

Demikian 5 tips cara mengatur anggaran rumah tangga dari Holopis.com, bagi Sobat Holopis yang belum berkeluarga juga bisa menerapkan cara ini.

Semoga bermanfaat!

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.