HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketika musim hujan tiba, sudah sepatutnya kita semua untuk menjaga kesehatan agar selalu sehat. 

Pasalnya, musim hujan datang membawa penyakit yang mudah menular dan menyebar. Hal itu Karena pada saat musim penghujan, mikroba Lebih mudah berkembang biak dan masuk ke tubuh manusia. 

Berikut beberapa penyakit yang mudah menyebar:

Diare

Penyakit ini sering dikaitkan dengan kebersihan. Diare disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit.

Saat curah hujan tinggi dan terjadi banjir, maka banyak sumber makanan dan minuman yang terkontaminasi virus. Hal itu dapat memicu meningkatnya frekuensi buang air besar dibandingkan biasanya.

Influenza atau Flu

Penyakit ini terjadi karena infeksi virus influenza A, B, atau C yang ditandai dengan gejala demam, batuk, pusing, sakit kepala, dan tenggorokan. Apabila terserang penyakit flu sebaiknya jangan disepelekan, karena kondisi terparah dapat memicu pneumonia.

Demam Berdarah atau Malaria

Saat musim penghujan nyamuk akan berkembang biak dengan jumlah yang meningkat, baik itu malaria atau demam berdarah. Nyamuk akan menularkan virusnya melalui gigitan kepada manusia. Jika tidak berhati-hati, penyakit ini menyebabkan kematian.

Penyakit kulit

Penyakit ini disebabkan bakteri atau jamur yang menyerang kulit sehingga memicu rasa gatal, seperti kutu air, kudis, kurap, dan sebagainya. Infeksi jamur ini biasanya menyerang daerah lipatan kulit, sehingga harus rajin membersihkan diri terutama daerah tersebut.

Beberapa Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Terjadinya Risiko Penyakit

  • Banyak minum air putih
  • Makan makanan yang higienis dan mengandung vitamin
  • Jangan konsumsi makanan mentah
  • Jaga kebersihan diri dan rajin mencuci tangan
  • Gunakan air bersih
  • Bersihkan pakaian dan perabotan apabila terendam banjir

Tetap jaga kondis kesehatan ya, Sobat Holopis!