HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas basket Indonesia harus mengakui ketangguhan Australia dengan skor cukup telak 78-53, di laga terakhir babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022.

Timnas basket Indonesia sempat menggigit di kuarter pertama, di mana skuad asuhan Coach Milos itu mampu memberikan kejutan dengan memperoleh keunggulan 16-11 atas Australia.

Namun, timnas basket Indonesia seketika kehilangan taringnya di kuarter kedua. Marques Bolden dkk harus tunduk dengan skor telak dari Australia dengan 23-8.

Pasca babak pertama atau memasuki kuarter ketiga, baik Indonesia maupun Australia tampil menyerang satu sama lain. Tim berjuluk Negeri Kanguru yang unggul skor, terlihat lebih percaya diri, hingga mampu menutup kuarter ketiga dengan kemenangan 23-18. Skor keseluruhan pun terukir 57-42.

Kemudian di kuarter akhir, Indonesia nampak merubah strategi permainannya. Namun karena kalah jam terbang, skuad Merah Putih harus menyerah dengan skor 21-11 atas Austalia.

Pada laga tersebut, satu-satunya pemain yang paling bersinar yakni bintang timnas basket Indonesia, yakni Marques Bolden. Dia berhasil mencatatkan skor tertinggi laga dengan 18 poin, 10 rebounds dan satu assist.

Selebihnya, dikuasai secara merata oleh para pemain Australia. Ada pun Abraham Grahita dari Indonesia yang mampu mencetak delapan poin, dua rebounds dan tiga assist.

Dengan demikian, misi kemenangan pun gagal diraih timnas basket Indonesia. Meskipun begitu, skuad Merah Putih tetap memiliki kesempatan untuk dapat melaju ke 8 besar FIBA Asia Cup 2022 melalui babak playoff.

Tercatat, Indonesia kini berada di posisi tiga klasemen akhir Grup A FIBA Asia Cup 2022 dengan poin empat, yakni satu kemenangan dan dua kekalahan.

Untuk posisi puncak klasemen Grup A tetap dikuasai Australia dengan nihil kekalahan, lalu Yordania di posisi kedua dengan dua kemenangan dan satu kalah.