HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks saham Amerika Serikat (AS) atau Wall Street pada perdagangan hari Kamis (14/7) ditutup melemah, usai para investor mencermati kinerja dua bank besar AS yang mengecewakan. Hal itu diperparah dengan data inflasi yang ternyata melebihi perkiraan dari para pelaku pasar.

Melansir dari Reuters, indeks Dow Jones jatuh 0,46 persen menjadi 30.630,17. Sementara indeks S&P melemah 0,30 persen ke level 3.790,38 dan Nasdaq terkoreksi 0,03 persen menjadi 11.251,19.

Melemahnya Wall Street bermula dari aksi jual investor setelah kinerja keuangan JPMorgan Chase & Co dan Morgan Stanley merosot. Kedua bank besar di AS itu melaporkan penurunan laba dan memperingatkan adanya pelambatan ekonomi.

Saham JPMorgan Chase dan Morgan Stanley jatuh masing-masing 3,5% dan 0,4%. Sementara indeks Bank S&P terkoreksi 2,4%.

Kekhawatiran pelambatan ekonomi diperburuk oleh laporan indeks harga produsen dari Departemen Tenaga Kerja yang menunjukkan inflasi lebih kuat dari perkiraan Juni 2022.

“Ada tanggapan irasional terhadap hasil JPMorgan dan Morgan Stanley. Tidak mengherankan bahwa investasi perbankan melemah,” ujar Kepala Eksekutif dan Manajer Portofolio di InfraCap New York, Jay Hatfield.