Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizBI Bakal Pangkas Biaya Transfer ke Negara Tetangga

BI Bakal Pangkas Biaya Transfer ke Negara Tetangga

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) akan menurunkan biaya transfer antar negara. Caranya yakni dengan bekerja sama dengan bank sentral negara terkait.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Fitria Irmi Triswati mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat ini akan bekerja sama dengan empat negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina.

Fitria menuturkan, bahwa upaya kerja sama itu dilakukan untuk membuat biaya transfer jauh lebih murah, seperti halnya saat transfer ke Singapura dan Thailand.

“Kami menuju ke situ justru (penurunan biaya transfer antar negara seperti Singapura dan Thailand),” ungkap Fitria di Bali (14/7).

Hanya saja, kerja sama dengan beberapa negara dalam beberapa waktu ke depan ini akan dilakukan baik secara bilateral maupun langsung. Sementara, Singapura dan Thailand menganut kerja sama bilateral.

“Tapi kami maunya dari bilateral menjadi multilateral dulu perjanjiannya, nah kayak Singapura kan dia mau sama Thailand, lalu Singapura sama Malaysia dulu. Kalau kami mau mendudukkan di beberapa negara ASEAN dulu,” jelas Fitria.

Dalam kesempatan berbeda, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan BI dan empat bank sentral di negara Asia Tenggara akan meneken kerja sama sistem pembayaran lintas negara (cross border payment) pada November 2022 mendatang.

Kerja sama ini terkait sistem pembayaran QR, fast payment, dan local currency settlement (LCS).

“Kami pada November tahun ini, lima pemimpin (bank sentral) akan menandatangani nota kesepahaman,” ujar Perry.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.