Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Merasa Diremehkan, Ukraina Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Korea Utara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ukraina memutuskan hubungan diplomatik dengan Korea Utara. Pemutusan hubungan ini terjadi akibat Korea Utara yang mengakui dua wilayah separatis Ukraina yang pro kepada Rusia.

“Keputusan ini kami ambil karena Pyongyang telah meremehkan kedaulatan negara Ukraina,” kata Kementerian Luar Negeri Ukraina melalui website resmi mereka, Rabu (13/7).

Korea Utara menjadi negara ketiga yang mengakui Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR), setelah Rusia dan Suriah.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), mengumumkan bahwa Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui telah mengirimkan surat kepada rekan-rekannya untuk mengakui daerah yang dikuasai pemberontak.

Sementara Rusia yang telah mendukung dua wilayah itu sejak tahun 2014, akhirnya mengakui kemerdekaan mereka pada malam 24 Februari. Langkah tersebut dikutuk oleh Kiev serta negara-negara barat.

Korea Utara sebelumnya menyatakan dukungan untuk pencaplokan Krimea oleh Rusia pada tahun 2014. Korea Utara juga menekankan hubungan dekatnya dengan Rusia dan menyalahkan krisis Ukraina pada kebijakan hegemonik AS dan negara-negara barat lainnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru