HOLOPIS.COM, JAKARTA – Fadli Zon, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI dan Inter-Parliamentary Union (IPU) Task Force mengunjungi Ukraina untuk melakukan misi perdamaian Rusia-Ukraina.

“Dalam kunjungan ke Kiev ini, IPU Task Force membawa misi untuk membuka kran dialog demi mengakhiri konflik. IPU Task Force juga menyampaikan komitmen untuk menjadi jembatan dialog antara Rusia dan Ukraina dalam mencari solusi damai melalui diplomasi parlemen,” kata Fadli, Rabu (13/7).

Fadli Zon mengatakan bahwa IPU Task Force meminta agar Verkhovna Rada (Parlemen Ukraina) bersedia untuk berdialog bersama dengan pihak parlemen Rusia.

“Saya juga mengundang Ketua Parlemen Ukraina untuk hadir di forum the 8th G20 Parliamentary Speaker’s Summit yg akan diadakan pada 6-7 Oktober 2022 di Jakarta. Forum ini merupakan platform yg baik untuk memperkuat kontribusi konkret parlemen dalam mengakhiri konflik Rusia-Ukraina,” lanjutnya.

Fadli Zon Berkunjung Ke Ukraina, IPU Task Force Optimis Mendamaikan Rusia-Ukraina
Kondisi bangunan di Ukraina akibat invansi Rusia

Mantan Wakil Ketua DPR itu menyebutkan, IPU Task Force juga menggelar dialog bersama Kordinator Residen PBB (UN Resident Coordinator), Delegasi Parlemen Ukraina untuk IPU (Ukrainian Parliamentary Delegation to IPU), serta Jaksa Agung Ukraina (Prosecutor General of Ukraine), sebagai usaha misi perdamaian Rusia-Ukraina.

“Selain dengan Ketua Parlemen, IPU Task Force juga menggelar dialog dengan UN Resident Coordinator (Unicef, UNDP, WHO), Ukrainian Parliamentary Delegation to IPU, serta Prosecutor General of Ukraine,” ucapnya.

Sesampainya disana, sebagai anggota IPU Task Force ia mengutarakan keprihatinannya atas dampak perang Rusia-Ukraina yang terjadi di Ukraina, terutama Ukraina Timur.

Hal ini bisa kita lihat pada banyaknya bangunan, tank, hingga pemakaman massal di Bucha yang hancur akibat invasi Rusia di Ukraina.