HOLOPIS.COM, JAKARTA – Eksekusi tembakan nampaknya jadi catatan penting bagi skuad timnas basket Indonesia saat melawan Yordania di laga lanjutan Grup A FIBA Asia Cup 2022.

Dilansir dari Antara Kamis (14/7), Jeremy Santoso selaku Manajer timnas basket Indonesia putra, memperkirakan bahwa melawan Yordania lebih sulit ketimbang melawan Arab Saudi, hal itu terjadi karena postur pemain Yordania banyak yang lebih tinggi.

Jeremy pun menjelaskan, kondisi tersebut tentunya akan memberikan kesulitan tersendiri bagi timnas basket Indonesia untuk dapat tembus ke paint area demi meraih poin di area ring. Maka dari itu, akurasi tembakan tiga angka jadi hal yang harus diperbaiki.

Dapat diketahui bersama, persentase tembahakan timnas basket Indonesia hanya sekitar 5/20 atau 25 persen saja saat melawan Arab Saudi di laga pertama FIBA Asia Cup 2022 kemarin. Terkait hal ini, Jeremy menilai bahwa angka tersebut terbilang rendah apabila merujuk dari cara bermain skuad garuda.

“Seperti kita tahu, banyak sekali shooter di tim kita. Saya berharap para shooter bisa mengeksekusi tembakan dengan lebih baik lagi melawan Yordania,” ujar Jeremy.

“Sebab kita tahu size Yordania lebih bagus dari Arab Saudi. Kemudian mengurangi turnover dan harus hustle sedemikian mungkin hingga dalam situasi bola 50-50 harus kita yang mendapatkan bola tersebut,” sambungnya.

Selain itu, Jeremy juga mengatakan, jajaran pelatih timnas basket Indonesia telah memperkirakan bahwa Yordania akan menyiapkan strategi untuk meredam agresivitas Marqus Bolden. Mengingat, bintang skuad garuda tersebut sukses mencetak skor tertinggi laga dengan 32 poin dan 16 rebounds saat melawan Arab Saudi.

“Anak-anak harus bisa membantu Marques. PR kami adalah memecahkan pertahanan Yordania yang pasti akan berusaha menghentikan Marques,” ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini timnas basket Indonesia tengah memuncaki klasemen Grup A FIBA Asia Cup 2022. Maka dari itu kemenangan melawan Yordania menjadi penting untuk bisa mengamankan satu tiket babak perempat final, demi tembus FIBA World Cup 2023.

Timnas basket Indonesia sendiri akan berhadapan dengan Yordania di laga lanjutan FIBA Asia Cup 2022, Istora Senayan, Jakarta pada Kamis (14/7) pukul 17.30 WIB.