Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dishub DKI Terapkan POS SAPA Demi Antisipasi Pelecehan Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa pihaknya tidak jadi memberlakukan kebijakan pemisahan penumpang laki-laki dan perempuan di dalam angkutan kota (angkot).

Menurutnya, ada pertimbangan lain yang diambil oleh pihaknya, sehingga kebijakan tersebut terpaksa dibatalkan.

“Dengan mempertimbangkan kondisi yang ada di masyarakat terhadap wacana pemisahan penumpang laki-laki dan perempuan di dalam angkot saat ini belum dapat dilaksanakan,” kata Syafrin kepada wartawan, Rabu (13/7).

Untuk sementara waktu, Syafrin mengatakan bahwa pihaknya baru memberlakukan Pos Sahabat Perempuan dan Anak (POS SAPA). Pos tersebut merupakan loket pengaduan bagi para penumpang dari ancaman kekerasan dan pelecehan seksual yang mungkin saja terjadi di dalam moda transportasi publik itu.

“Fasilitas POS SAPA tersebut sudah terdapat di 23 halte Transjakarta, 13 stasiun MRT dan 6 stasiun LRT,” ujarnya.

Selain lokel pelayanan pengaduan, Syafrin juga mengatakan bahwa POS SAPA juga sudah dilengkapi dengan layanan call center dengan nomor 112 sebagai nomor bantuan darurat.

Lebih lanjut, Syafrin juga menyampaikan bahwa para pengemudi angkutan umum yang tergabung dalam Program Jaklingko juga sudah dilakukan pendidikan dan pelatihan yang di dalamnya memuat kurikulum layanan prima. Termasuk penanganan atau cara bertindak dalam menghadapi keadaan darurat melalui program Sertifikasi Pengemudi Angkutan Umum.

“Pemasangan CCTV diberbagai stasiun, halte, terminal dan kendaraan umum juga sedang dilakukan, untuk mendeteksi sekaligus mengurangi potensi gangguan tersebut,” ungkapnya.

Bahkan, tambah dia, melalui Jaklingko sistem ticketing terintegrasi akan melakukan penerapan konsep face recognition yang diyakini akan meningkatkan rasa nyaman para penumpang, terutama perempuan dan anak-anak.

“Oleh sebab itu, saat ini Dishub DKI Jakarta akan membuat regulasi komprehensive untuk angkot dan transportasi publik di Jakarta,” ucap dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru