HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa yang saat ini sedang tersudutkan bertolak ke Maldives. Hal itu ia lakukan kemungkinan awal pengunduran dirinya setelah berbulan-bulan protes meluas terhadap krisis ekonomi terburuk negara pulau itu.

“Paspor mereka sudah dicap dan naik pesawat khusus angkatan udara,” kata seorang pejabat imigrasi yang terlibat dalam proses penerbangan mereka itu kepada AFP.

Sebelumnya, Rajapaksa telah berjanji akan mengundurkan diri dan mengizinkan pergantian kekuasaan yang damai di Sri Lanka.

Sebagai presiden, Rajapaksa kebal dari penjara. Ia pun memang berencana untuk pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri dari kursi kepresidenan agar aman dari kemungkinan penangkapan.

Seorang sumber dari pemerintahan dan seseorang yang dekat dengan Rajapaksa mengatakan, ia berada di Male, ibu kota Maldives. Rajapaksa juga ada kemungkinan pergi ke negara Asia lainnya dari sana.

Sebagai informasi tambahan, protes besar-besaran terjadi di Sri Lanka. Pengunjuk rasa mengancam akan terus melakukan protes hingga Rajapaksa mengundurkan diri dari jabatan presiden.

Aksi protes terjadi karena krisis ekonomi terburuk di Sri Lanka sejak tujuh dekade terakhir.