Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Bahas Ekspor Gandum, Turki Bertemu Dengan Rusia dan Ukraina

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Delegasi militer Rusia, Ukraina, dan Turki bertemu dengan pejabat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Istanbul untuk membahas ekspor gandum dari pelabuhan Laut Hitam.

“Kami sedang bekerja keras, tetapi proses ini masih panjang,” kata Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres dilansir dari Reuters (13/7).

Seperti diketahui, akibat perang Rusia-Ukraina dan penutupan perbatasan, ekspor gandum menjadi terganggu dan menyebabkan krisis makanan secara global.

Turki telah bekerja sama dengan PBB untuk menengahi kesepakatan agar harga biji-bijian, minyak goreng, bahan bakar, dan pupuk tidak melonjak.

Perlu diketahui, Ukraina dan Rusia adalah pemasok gandum utama di pasar global. Rusia juga merupakan pengekspor pupuk, sementara Ukraina adalah produsen minyak jagung dan bunga matahari yang signifikan.

Rusia sebenarnya masih terus mengekspor biji-bijian sejak perang dimulai, tetapi ada kekurangan kapal besar karena banyak pemilik yang takut untuk mengirimnya ke wilayah tersebut.

Sementara itu, Ukraina berharap ada peningkatan terhadap ekspor biji-bijian, meskipun Rusia memblokade pelabuhan Laut Hitam.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru