HOLOPIS.COM, JAKARTA – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), menjamin bahwa mundurnya Coach Toro dari kursi kepelatihan timnas basket Indonesia putra, tak pengaruhi skuad garuda di FIBA Asia Cup 2022.

Dilansir dari situs resmi Indonesia Basketball Selasa (12/7), hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekjen PP Perbasi yakni Nirmala Dewi, ia juga menambahkan situasi tersebut jadi tantangan tersendiri.

“Situasi ini menjadi tantangan kita semua di PP Perbasi bahwa kondisi tersebut tidak berpengaruh pada internal tim. Kami yakin para pemain tetap fokus pada target yang telah kita sepakati bersama. Bahwa di FIBA Asia Cup ini kita bisa menembus delapan besar untuk amankan tiket FIBA World Cup 2023,” ujarnya.

Dalam hal ini, Perbasi meyakini bahwa sejatinya target tersebut dapat tercapai dalam kondisi apapun. Terlebih, keputusan ini sudah dipersiapkan sebelumnya.

Bahkan, Jeremy Imanuel Santoso selaku manajer timnas menyampaikan bahwa proses tersebut telah berlangsung sebelumnya sejak perhelatan SEA Games Hanoi.

“Kebetulan saja momennya jelang FIBA Asia Cup. Tapi proses ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Apapun kondisinya tidak boleh mengubah target kita di FIBA Asia Cup nanti. Kami semua sudah sepakat untuk berjuang bersama mengamankan tiket FIBA World Cup 2023. Kami yakin bisa karena ini kandang kita,” ujarnya.

Sebagai informasi, perhelatan FIBA Asia Cup 2022 itu sendiri akan berlangsung di Indonesia, tepatnya di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa (12/7) sampai Minggu (24/7) mendatang.

Ada pun dalam pertandingan pertamanya Selasa (12/7), timnas basket Indonesia dijadwalkan bakal berhadapan dengan Arab Saudi.