HOLOPIS.COM, JAKARTA – Turnamen sepakbola Nusantara Open Piala Prabowo 2022 yang diinisiasi langsung oleh Menhan RI, Prabowo Subianto dikabarkan bakal mengundang langsung 16 akademi terbaik di Indonesia.

Dilansir dari situs resmi Kemenpora Selasa (12/7), hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana Nusantara Open Piala Prabowo 2022, yakni Aji Bintara dalam agenda pertemuan bersama Menpora Zainudin Amali di Jakarta.

Aji Bintara juga menyebutkan, dari 16 akademi terbaik di Indonesia yang diundang tersebut, delapan di antaranya dari Liga 1 dan delapan lainya dari akademi yang biasa masuk ke tim nasional.

Terkait hal ini, format turnamen Nusantara Open Piala Prabowo 2022 itu sendiri akan ada pembagian grup, di mana yang lolos akan kembali masuk dalam grup, kemudian semi final dan babak final.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dikabarkan bakal menggunakan big data untuk para pemain, dengan tujuan untuk menganalisis progres pemain yang nantinya dimasukan ke dalam akademi.

Aji Bintara juga menyampaikan, targetnya dalam kegiatan ini yakni mendapatkan 30 sampai 35 pemain.

“Target kita ingin dapat 30-35 pemain dari hasil nusantara open ini, supaya kita mendaptakan best of the best, terbaik dari yang terbaik. Tapi kalau memang mungkin tidak ada yang memenuhi standar, kita akan melakukan tour nusantara bersama dengan PSSI bersama coach Indra juga ke kantong-kantong penghasil pesepakbola,” pungkasnya.

Hal ini pun kemudian diapresiasi dan disambut baik oleh Menpora Amali, di mana ia mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini akan menghidupkan kembali industri sepakbola di Indonesia.

“Saya senang mendengarkan bahwa ini sistematis, tinggal kita kolaborasi dengan apa yang kita buat, baik itu tentang kurikulum, kita akan support,” ucapnya.