HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, menyambut baik serta mendukung penuh penyelenggaraan turnamen sepakbola Nusantara Open Piala Prabowo 2022.

Dilansir dari situs Kemenpora Selasa (12/7), hal tersebut disampaikan langsung oleh Zainudin Amali dalam agenda pertemuannya dengan ketua panitia pengarah Nusantara Open Piala Prabowo 2022 yakni Fary Francis, Ketua Panitia Pelaksana yakni Aji Bintara, Widjono Harjanto selaku Dewan Pembina dan Taent Scouting yang juga merupakan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI yakni Indra Sjafri.

Menpora Amali menganggap turnamen Nusantara Open Piala Prabowo 2022 yang diikuti oleh pemain kelompok usia 16 tahun ini, merupakan titik awal dari seleksi pemain yang bakal bergabung di akademi sepakbola yang didirikan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto.

Menpora Amali juga menuturkan bahwa turnamen seperti itu sejalan dengan apa yang direncanakan Presiden Jokowi untuk memajukan persepakbolaan dalam negeri, di mana hal tersebut sebagaimana tertuang dalam Inpres No. 3 Tahun 2019 tentang Pembangunan Percepatan Sepak Bola Nasional.

“Saya dengar ini senang, artinya sebagian dari pekerjaan kita ini ada yang jalankan. Pak Jokowi sudah menerbitkan Inpres No 3 Tahun 2019 tentang Pembangunan Percepatan Sepak Bola Nasional. Kenapa presiden harus mengeluarkan Inpres ini karena hasil survei sebanyak 73 sampai 75 persen masyarakat Indonesia menyukai sepakbola,” ujar Menpora Amali.

Lanjutnya, Menpora Amali mengungkapkan bahwa fans sepakbola yang ada di Indonesia ini bahkan mengalahkan jumlah penggemar sepakbola dari beberapa negara di Eropa, di mana hal tersebut berdampak luar biasa terhadap industri sepakbola tanah air.

“Saya senang mendengarkan bahwa ini sistematis, tinggal kita kolaborasi dengan apa yang kita buat, baik itu tentang kurikulum, kita akan support. Dan dukungan dari perguruan tinggi sangat luar biasa sekarang dalam DBON, Peran perguruan tinggi sangat besar terutama terkait sport science,” katanya.

Menpora Amali juga menyampaikan salam hormat pada Pak Prabowo terkait hal ini.

“Ini kolaborasi yang baik, dan salam hormat saya dan salut saya sama Pak Prabowo,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Fary Francis selaku Ketua Panitia Pengarah Nusantara Open Piala Prabowo 2022 juga melaporkan bahwa pihaknya diminta menghadap Menpora Amali terkait penyelenggaraan turnamen sepakbola Nusantara Open Piala Prabowo 2022.

“Kami diminta Pak prabowo untuk melaporkan kepada Menpora terkait dengan ajang ini, memang ini disinisiasi oleh Pak Prabowo. Intinya ujungnya nanti akan didirikan akademi sepakbola berskala nasional,” ujar Fary.

“Intinya kami sampaikan, kita datang mungkin ada arahan, petunjuk, dan sekaligus mengundang pak menpora untuk memberikan pidato,” lanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, turnamen sepakbola Nusantara Open Piala Prabowo 2022 nantinya akan diikuti oleh kelompok U16 dan dibuka pada tanggal Sabtu (16/7).