Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kepala BPH : Mobil Mewah Punya Orang Mampu, Tak Layak Dapat Subsidi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah saat ini tengah menggodok revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014. Di mana salah satu isinya adalah melarang mobil mewah untuk mengonsumsi BBM subsidi.

Kepala BPH, Erika Retnowati mengatakan, bahwa larangan mobil mewah mengonsumsi BBM subsidi seperti Pertalite dan solar subsidi itu akan segera keluar setelah revisi Perpres selesai digodok.

Ia menuturkan, ketentuan terkait larangan mobil mewah menggunakan BBM subsidi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Sebab menurutnya, mobil mewah umumnya dimiliki oleh masyarakat ekonomi kelas atas alias orang mampu, sehingga tidak layak sebagai penerima subsidi.

“Setelah revisi Perpres keluar, BPH Migas akan menerbitkan regulasi pengendalian pembelian Bahan Bakar Minyak Subsidi jenis solar dan pertalite yang akan mengatur secara teknis di lapangan,” kata Erika dalam keterangan tertulis, Senin (11/7).

“Untuk masyarakat ekonomi kelas atas yang menggunakan mobil mewah dipastikan tidak akan menerima BBM Bersubsidi, mobil mewah yang punya orang mampu pasti tidak layak mendapatkan subsidi,” sambungnya.

Tak hanya aturan yang direvisi, pengawasan atas penyaluran BBM subsidi juga turut ditingkatkan. Salah satu caranya yakni memperkuat peran pemerintah daerah (Pemda) dan penegak hukum.

Selain itu, BPH Migas juga akan melakukan sosialisasi dengan penyalur yang belum memahami ketentuan, dan menekankan terkait sanksi tegas yang akan diberlakukan, serta mendorong penggunaan IT dalam pengawasan.

“Ke depannya kita memang memerlukan teknologi informasi untuk mengatur BBM subsidi agar tepat sasaran dan mencegah penyelewengan distribusi di lapangan, sehingga perlu menggunakan pencatatan elektronik yang dapat mengidentifikasi penggunaan dan penyalurannya di titik serah penyalur (ujung nozzle) oleh Badan Usaha,” ujar Erika.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru