Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dukung IKN, DPRD Minta Perkuat UMKM dan Pelestarian Alam

Tidak hanya itu saja, Ely juga mendorong agar ada upaya pelatihan terhadap para pelaku UMKM lokal, seperti pelatihan peningkatan mutu dan kemasan produk olahan serta pelatihan dasar lainnya, mengingat ke depannya akan terjadi kompetisi besar di sektor UMKM dengan hadirnya pembangunan kawasan IKN.

“Produk luar Kukar, jelas bakal masuk dan tidak bisa dibendung. Kekuatan produk lokal akan berkompetisi dengan produk luar Kukar. Persiapannya, dengan memperbaiki dan pengembangan diri, agar semakin kuat bersaing,” lanjutnya.

Bagi Ely, sekarang sudah saatnya para pelaku UMKM Kukar untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), karena pembangunan IKN berdampak juga terhadap sektor lainnya seperti pendidikan dan fasilitas kesehatan, yang ke depan akan semakin ditingkatkan oleh pemerintah.

“Hadirnya produk kuliner di kawasan penyangga IKN harus juga diperhatikan aspek kualitas produk aman dan sehat, yang terhindar dari bahan kimia berbahaya. Karena kita tahu bahwa konsep IKN ini sangat peduli terhadap lingkungan sekitar atau go green, dimana kawasan IKN betul-betul bebas dari emisi karbon,” ucapnya.

Pelestarian Alam di Kaltim

Selain itu, Ely juga mengatakan bahwa banyak jenis-jenis ikan di sungai Mahakam yang termasuk dalam kategori sangat langka. Sehingga ia pun mendorong agar ada upaya budidaya dengan rekayasa teknologi di bidang perikanan bagi petani dan nelayan demi melestarikan ciri khas keberadaan ikan tersebut.

“Pemda Kukar perlu memberikan bimtek (bimbingan teknis) dan fasilitasnya, karena sampai saat ini para petani ikan hanya mengandalkan hasil tangkap di sungai atau danau,” tandasnya.

“Ditambah lagi pentingnya menjaga ekosistem sungai Mahakam agar tidak tercemari limbah atau rusak, karena penurunan mutu baku air sungai Mahakam berdampak kepada penurunan hasil tangkapan ikan lokal tersebut,” imbuhnya.

Selain menyelamatkan ikan ciri khas di Kabupaten Kukar, Ely juga mengatakan bahwa ada yang tidak kalah penting adalah penyelamatan pesut sungai Mahakam.

“Ikan Pesut ini sangat ikonik, khas hulu sungai Mahakam, ini jenis lumba-lumba air tawar yang ada di dunia. Oleh sebab itu, satwa ini dilindungi keberadaannya oleh Undang-Undang,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru