Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dukung IKN, DPRD Minta Perkuat UMKM dan Pelestarian Alam

HOLOPIS.COM, KUTAI KARTANEGARA – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur, Ely Hartati Rasyid menilai, bahwa dengan mulai dibangunnya sarana dan prasarana fisik Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada bulan Agustus 2022 lalu, para pengusaha yang bergerak di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kalimantan Timur khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) semakin optimis bahwa sektor mereka akan semakin maju lagi.

“Saat ini, para pelaku UMKM di Kabupaten Kukar sangat termotivasi untuk berusaha, mengingat akan adanya potensi peluang ekonomi dengan hadirnya jutaan orang di IKN,” kata Ely saat ditemui wartawan di Rumah Makan Bebakaran, Tenggarong, Kabupaten Kukar, Kalimatan Timur, Senin (11/7).

Ia menilai, dengan banyaknya pendatang yang masuk ke Kaltim akan semakin mudah para pengusaha UMKM dan wisata kuliner lokal memperkenalkan produk-produk mereka.

“Kondisi ini merupakan sebuah kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan produk-produk khas Kukar kepada jutaan orang yang akan berkunjung nantinya di IKN tersebut,” ujarnya.

Anggota Dewan Penasehat Perhimpunan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut mengatakan, bahwa Kabupaten Kukar memiliki ciri khas kuliner, yakni berupa ; ikan bakar tawar lokal dari sungai Mahakam, seperti ikan puyu, lepo, lais dan patin, serta ada juga sate rusa.

Bahkan ia menyebut, bahwa berbagai masakan khas Kaltim tersebut pun sudah dikenal bagi orang-orang luar yang sempat berkunjung berwisata di Kabupaten Kukar.

“Pengalaman saya sendiri, saat melakukan kunjungan kerja ke Jawa, teman-teman lama dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, sangat terkesan dan mengenang akan cita rasa kuliner ciri khas Kukar seperti sate Payau, ikan Lais goreng,” paparnya.

Perkuat SDM Pelaku Wisata Kuliner

Kepala Bidang UMKM DPD PDI Perjuangan Kalimantan Timur itu mengatakan bahwa ketika IKN Nusantara nanti sudah hadir dan dibangun secara nyata, ia sangat berharap agar nantinya para penduduk IKN Nusantara akan selalu berkunjung ke Kabupaten Kukar dan menikmati kuliner ikan Lais yang menjadi menu favorit makanan Raja Kukar, sehingga kuliner lokal Kukar akan semakin terangkat derajatnya.

“Kalau di Yogya ada Gudeg atau Bakpia, maka alangkah eloknya, kalau di Kukar juga ada ciri khas kulinernya yaitu sate Payau, Ikan Puyu, Ikan Jelawat, Ikan Lais dan lain-lain,” terang Ely.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru