HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terhitung belum genap sebulan Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) di Kabinet Indonesia Maju. Zulhas sudah mendapat teguran keras dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Teguran itu disampaikan Jokowi setelah Zulhas kedapatan membagikan produk unggulannya, yakni MinyaKita ke ibu-ibu secara gratis, namun diselipi kampanye agar putrinya menang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun meminta Zulhas untuk fokus pada tugasnya dalam menyelesaikan permasalahan minyak goreng di Tanah Air.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja, kalau Menteri Perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin,” kata Jokowi di Subang, Selasa (12/7).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi resmi melantik Zulhas menjadi Mendag pada Rabu (15/6) lalu. Ia mengemban tugas dari Jokowi untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan pokok yang tengah dihadapi masyarakat.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu sangat yakin dirinya mampu menyelesaikan permasalahan minyak goreng yang langka dan mahal.

“Dan sekali lagi saya kira background pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di mana pun dan harga terjangkau. Itu yang paling penting,” kata Zulhas seusai pelantikan.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) di era Zulhas akhirnya mengeluarkan produk minyak goreng curah dengan kemasan sederhana bermerk Minyakita. minyak goreng curah ini dibanderol harga Rp 14 ribu atau sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.