HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bukan rahasia umum lagi bahwa industri kecantikan selalu mempromosikan konsep semakin muda seseorang, maka akan semakin cantik dan menarik penampilannya.

Sangking kentalnya mindset tersebut, banyak orang yang menganggap bahwa semakin tua seorang wanita maka ia akan terlihat semakin tidak menarik, apalagi jika ia sudah melewati usia 30 tahun.

Ternyata, tidak demikian berdasarkan hitung-hitungan hasil penelitian di Amerika Serikat.
Dilansir dari Harpers Bazaar, ilmuan dari Boston University School of Medicine membandingkan daftar 50 artis Hollywood dari majalah People saat menjabarkan wajah-wajah tercantik di dunia tahun 1990.

Mila Kunis, salah satu aktris tercantik Hollywood yang saat ini berusia 38 tahun
Mila Kunis, salah satu aktris tercantik Hollywood yang saat ini berusia 38 tahun

Saat itu, usia rata-rata wanita paling cantik ada di usia 33.2 tahun. Namun berdasarkan penelitian, ternyata tahun ini angka rata-rata usia wanita tercantik sudah meningkat menjadi 38.9 tahun.

Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal JAMA Dermatology, tren kecantikan sekarang semakin berubah, saat dunia hiburan mulai turut mempublikasikan wajah-wajah dari berbagai ras.

“Platform media telah berubah dalam beberapa tahun belakangan tentang menunjukkan apa itu kecantikan,” kata Dr Neelam Vashi dari Universitas Boston.

Ternyata, standar kecantikan terus berubah seiring dengan perkembangan pola pikir manusia yang semakin paham dengan efek media sosial, budaya, dan norma.