Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Manfaat Seks untuk Tubuh, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berhubungan seks ternyata memiliki banyak manfaat lho bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, salah satunya dapat menjaga kesehatan jantung.

Dalam berhubungan seks itu sendiri, beragam cara dapat diekspresikan oleh setiap pasangan. Hal itu tentunya demi memuaskan hasrat.

Dalam berhubungan seks, selain mampu membuat harmonis suatu hubungan, ada pun manfaatnya mempengaruhi kondisi fisik, psikologis hingga kehidupan sosial.

Dilansir dari Alodokter Minggu (10/7), berikut ini 10 manfaat seks untuk kesehatan tubuh.

1. Dapat Membakar Kalori

Berhubungan seks secara langsung merupakan bagian dari aktivitas olahraga. Gerakan yang ditimbulkan saat berhubungan seks dinilai dapat mengencangkan otot perut hinga panggul.

Dalam suatu studi mengungkapkan bahwa berhubungan seks setidaknya bisa membakar sekitar empat kalori per menit pada pria dan pada wanita sekitar tiga kalori.

2. Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Orgasme hingga rangsangan seksual yang terjadi ketika berhubungan intim dapat meningkatkan denyut jantung.

Sebuah studi bahkan mengungkapkan bahwa berhubungan seks dalam kurun waktu dua kali satu minggu atau lebih, dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskulat seperti hal nya serangan jantung atau stroke.

3. Dapat Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal

Dalam berhubungan seks tentu ada yang namanya sentuhan fisik seperti hal nya berpelukan atau berpegangan tangan. Hal itu diyakini dapat menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa mereka yang jarang melakukan aktivitas seksual hingga jarang merasakan yang namanya orgasme, diyakini berisiko lebih tinggi untuk terkena hipertensi.

4. Dapat Meredakan Stres

Adanya rangsangan seksual yang dirasakan saat berhubungan seks bisa memicu pelepasan hormon endorfin, hal itu merupakan suatu zat kimia di dalam otak yang berfungsi mengendalikan suasana hati.

Maka dari itu, setiap pasangan yang telah berhubungan seks dapat merasakan kenyamanan yang kemudian dapat membantu menghilangkan stres.

5. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berhubungan seks juga diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh lho sobat Holopis.

Hal itu terjadi karena setiap pasangan yang berhubungan seks satu sampai dua kali dalam kurun waktu seminggu, umumnya memiliki jumlah antibodi imunoglobulin (IgA) ketimbang pasangan yang tak melakukan aktivitas seksualnya secara rutin.

6. Mengurangi Risiko Terjadinya Kanker Prostat

Salah satu hal ini tentunya bukan merupakan rahasia umum lagi, bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa seorang pria yang lebih sering melakukan ejakulasi, berisiko lebih kecil mengalami kanker prostat.

7. Dapat Tingkatkan Gairah Seksual

Berhubungan seks secara teratur dan aman sejatinya dapat meningkatkan libido seseorang.
Untuk sang wanita, berhubungan seks secara rutin bisa meningkatkan aliran darah, elastisitas dan hingga pelumasan pada bagian vagina. Sedangkan pada pria, berhubungan seks secara rutin akan meningkatkan performa seksualnya. Maka dari itu, keharmonisan suatu hubungan pun tetap terjaga.

8. Dapat Meredakan Nyeri

Selain dapat meredakan stres, berhubungan seks juga diyakini dapat meredakan nyeri, seperti hal nya sakit kepala hingga sakit punggung.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tubuh akan terasa mengantuk dan lebih rileks ketika telah orgasme. Hal tersebut lah yang sejatinya dapat membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik.

10. Dapat Meningkatkan Kualitas Hubungan

Berhubungan seks bisa meningkatkan kadar hormon oksitosin yang mampu meningkatkan ikatan dan keintiman setiap pasangan.

Kemudian, kadar oksitosin ini juga dipercaya dapat meningkat seiring tingginya frekuensi sentuhan ketika berhubungan seks.

Ada pun yang nampaknya bukan merupakan rahasia umum lagi yakni, berhubungan seks dapat meningkatkan komunikasi, kepercayaan dan empatimu terhadap pasangan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Quickie Sex yang Bikin Paksu dan Bunda Mendesah Kepikiran Terus

Siapa bilang jadwal sibuk paksu dan bunda membuat momen-momen seksi dan bermesraan diranjang menjadi berkurang.

Malam Jumat, Jangan Lupa Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri

Dalam kehidupan berumah tangga, berhubungan suami istri adalah bagian penting dari hubungan yang sehat dan harmonis.

Orgasme Bisa Bikin Awet Muda, Bener Nggak Sih?

Dalam upaya menjaga kesehatan dan kecantikan, banyak wanita mencari cara untuk memperlambat proses penuaan dan mempertahankan penampilan awet muda.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru