HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono mengingatkan bahwa vaksinasi booster Covid-19, adalah sebuah upaya mutlak bagi masyarakat agar lebih aman di dalam melakukan perjalanan.

Hal ini karena sampai sekarang pun status pandemi Covid-19 masih belum dicabut, dan potensi penularan virus tersebut masih sangat besar terjadi.

“Vaksinasi booster penting untuk mempertahankan benteng imunitas penduduk di tengah risiko penularan masih ada,” kata Pandu dikutip oleh Holopis, Minggu (10/7).

Influencer kesehatan yang terkenal disebut Juru Wabah tersebut mengatakan, bahwa langkah pemerintah untuk melonggarkan kegiatan masyarakat sudah sangat betul dan bijak, namun kepekaan publik terhadap kesehatan masing-masing juga tidak boleh dikendurkan.

“Kegiatan penduduk tidak dibatasi lagi, tapi pandemi tetap terkendali dengan mempertahankan imunitas dan tetap prokes (protokol kesehatan),” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia pun memberikan sentilan keras kepada semua pihak, baik politisi dan influencer lainnya agar memahami betul bagaimana upaya pengendalian dilakukan mati-matian oleh pemerintah.

Jangan sampai, upaya pengendalian pandemi melalui gerakan vaksinasi covid-19 dosis ketiga alias booster tersebut kendur karena narasi politis lebih diutamakan ketimbang narasi ilmiah.

“Harap politikus memahami strategi pengendalian pandemi,” pungkasnya.