Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ada Shalat Idul Adha di JIS, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah pada Minggu (10/7) di Jakarta International Stadium (JIS), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan siapkan rekayasa lalu lintas.

“Kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan umum, jamaah Shalat Id dan warga yang tinggal di sekitar JIS,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Sabtu (9/7).

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan menyiapkan transportasi publik untuk masyarakat yang ingin melaksanakan shalat Idul Adha di JIS.

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan, dengan pembatasan arus lalulintas umum menuju JIS mulai pukul 04.30-10.00 WIB.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah menyiapkan rute kedatangan/kepulangan di JIS serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan “drop off” transportasi publik demi kemudahan serta kenyamanan mobilitas masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan ‘drop off’, baik di dalam stadion ataupun di luar stadion,” katanya.

Jika parkir di lokasi penuh, maka warga diimbau mengikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalulintas dan kenyamanan bersama.

“Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama,” kata Syafrin.

Ada delapan kantong parkir yang dapat digunakan di dalam JIS dan sekitar JIS, yakni dalam stadion, parkir timur 1 JIS, parkir timur 2 JIS, parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara dan parkir sepeda motor ramp barat.

Di lokasi-lokasi parkir tersebut tidak disediakan “shuttle bus” menuju JIS dan sebaliknya (PP) karena jarak ke lokasi shalat cukup dekat.

Selanjutnya, ada lima kantong parkir di sekitar JIS yang dilayani dengan “shuttle bus” sekolah, yaitu di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana.

Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat opsional (tambahan) yang dilayani
TransJakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran) yang beroperasi pukul 04.30-10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jamaah dilakukan melalui Zona Selatan JIS (Pintu 5).

Penutupan akan dilakukan di tiga lokasi, yaitu:

a. Simpang perlintasan bidang kereta api (KA) di Jl Sunter Permai Raya-Jl RE Martadinata
b. Simpang Jl Sunter Permai Raya-Jl Bisma Raya
c. Simpang Jl Danau Sunter Barat-Jl Danau Sunter Utara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru