HOLOPIS.COM, JAKARTA – Boris Johnson akhirnya resmi mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris pada hari Kamis (7/7). Kemunduran Johnson merupakan buntut dari pengunduran diri serentak beberapa menteri yang tak lagi setuju dengan kepemimpinan Johnson.

“Saya telah menunjuk kabinet baru untuk bertugas hingga pemimpin baru menjabat. Terima kasih atas mandat luar biasa ini, mayoritas Konservatif terbesar sejak 1987, bagian suara terbesar sejak 1979,” kata Johnson dalam pidatonya setelah menundurkan diri (7/7).

Meskipun keluar dengan berbagai kontroversi, momen-momen di balik layar saat Boris Johnson pamitan dari ruang kerjanya di Downing Street penuh dengan haru.

Melihat Lembaran Pidato Pengunduran Dirinya

Boris Johnson memegang lembaran pidato pengunduran dirinya
Boris Johnson memegang lembaran pidato pengunduran dirinya (Foto: Andrew Parsons / No 10 Downing Street)

Dalam sebuah foto, Boris Johnson tampak membalik lembaran-lembaran pidato yang ia bacakan sebagai pernyataan resmi dari pengunduran dirinya.

Berpamitan Dengan Keluarga dan Staff

Boris Johnson bersama para staff dan keluarga
Boris Johnson bersama para staff dan keluarga (Foto: Andrew Parsons / No 10 Downing Street)

Di foto kedua, Boris Johnson tampak berdiri di depan pintu utama dikelilingi oleh staff-staff nya, sang istri, Carrie Johnson, dan anak anak mereka Wilf dan Romy.

Memeluk Sang Istri dan Anak-anak

Boris Johnson memeluk keluarganya
Boris Johnson memeluk keluarganya (Foto: Andrew Parsons / No 10 Downing Street)

Boris Johnson tampak memeluk keluarga intinya, istri Carrie Johnson dan kedua anaknya dengan pemandangan hangat. Boris Johnson tampak mengecup sang istri dan terlihat ‘lega’ dengan semua permasalahan yang ia hadapi pada hari-hari terakhirnya sebagai perdana menteri Inggris.

Boris Johnson menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris dan pemimpin Partai Konservatif sejak tahun 2019. Pada tahun 2022, Johnson harus mundur dari kedudukannya setelah desakan para menteri kabinetnya.