HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas basket 3×3 putra Indonesia harus terhenti langkahnya di babak penyisihan grup turnamen FIBA 3×3 Asia Cup 2022 Singapura.

Hasil tersebut didapat ketika timnas basket Indonesia kalah atas tim kuat Filipina dengan skor 21-15 di pertandingan penentu Grup C FIBA 3×3 Asia Cup 2022.

Meski begitu, apresiasi pun tetap diberikan kepada timnas basket Indonesia. Dilansir dari situs Indonesia Basketball Jumat (8/7), Manajer timnas basket 2×3 putra Indonesia yakni Ferry Jufry menyampaikan bahwa mereka sudah mampu menunjukkan bahwa dengan komposisi baru tersebut dapat bersaing di FIBA 3×3 Asia Cup 2022.

“Anak-anak sudah main bagus. Sistem semua jalan. Secara permainan cukup berimbang tapi memang kami harus akui Filipina lebih beruntung,” ujarnya.

Ferry juga menilai bahwa Filipina beruntung memiliki mesin gol bernama Almond Vosotros, di mana pemain tersebut tengah dalam kondisi baik saat melawan timnas Indonesia.

“Kami kalah karena salah satu pemain mereka, Vosotros, sedang wangi shootingnya,” lanjutnya.

Kekalahan ini pun membuat timnas basket Indonesia putra menduduki runner up Grup C FIBA 3×3 Asia Cup 2022, di atas Yordania dan di bawah Filipina yang otomatis memuncaki klasemen.

Dapat diketahui sebelumnya, timnas basket Indonesia sukses melibas Yordania dengan skor 18-13. Maka dari itu hasil satu kali menang dan satu kali kalah melekat di tubuh skuad garuda.

Sementara Filipina memuncaki klasemen Grup C dengan mengoleksi dua kali kemenangan, pertama unggul atas Yordania 21-19, dan terakhir atas Indonesia.

Dengan demikian, timnas basket 3×3 putra Indonesia dan Yordania harus gugur dari turnamen FIBA 3×3 Asia Cup 2022 Singapura. Sedangkan Filipina melaju mulus ke tahap berikutnya, mengingat format perhelatan ini hanya meloloskan satu tim yang bersatus juara grup untuk maju ke fase selanjutnya.