HOLOPIS.COM, JAKARTA – Idul Adha adalah salah satu hari raya umat muslim yang diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah. Tahun ini, 2022 pemerintah resmi tetapkan 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat (1/7). Maka dari itu, melalui sidang isbat, Hari Raya Idul Adha diputuskan jatuh tepat pada Minggu, 10 Juli 2022.

“Secara mufakat, 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022 Masehi,” kata Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Menteri Agama (Wamenag), Rabu (29/6) kemarin.

Ini adalah momen bagi umat muslim untuk merayakan hari besar mereka dengan melaksanakan penyembelihan hewan ternak. Berikut disajikan empat fakta menarik Idul Adha yang harus kamu ketahui sebelum perayaan!

  1. Tidak hanya sapi dan kambing, unta juga hewan kurban
5 Fakta Unik Idul Adha, No 2 Bikin Kaget!
Unta sebagai hewan kurban

Salah satu persyaratan memilih hewan kurban untuk Idul Adha adalah hewan yang diternakkan. Jadi, tidak heran jika sapi, kambing, dan domba sering dijadikan sebagai hewan kurban. Namun, hal ini berbeda jika kita bandingkan dengan negara gurun. Disana, unta dijadikan hewan ternak yang disembelih saat Idul Adha. Coba bayangkan jika hal ini juga dilakukan di Indonesia. Pasti bakal jadi bahan tontonan, hehehe.

  1. Hewan kurban tidak merasakan rasa sakit saat disembelih
5 Fakta Unik Idul Adha, No 2 Bikin Kaget!
Hewan kurban disembelih

Hal ini mungkin sulit untuk dipercaya, namun sudah ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Profesor Wilhelm Schulze dan Dr. Hazim dari Hannover University, Jerman membuat penelitian dengan menggunakan sekelompok sapi dewasa yang ditanam Elektroda (Microchip) atau sering disebut EEG (Electro Encephalograph).

EEG ini ditanam pada permukaan otak kecil sapi dan menyentuh titik (panel) rasa sakit yang dirasakan sapi nantinya dapat diukur. Selain EEG, mereka juga menanam Electro Cardiograph (ECG) pada jantung sapi. Hal ini dilakukan guna merekam segala aktivitas jantung saat darah mengalir akibat luka sembelih.

Setelah itu, sekelompok sapi dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu disembelih sesuai syariat islam, dan kelompok dua disembelih dengan cara barat yang biasa disebut metode pemingsanan (dipukul kepalanya).

Hasil dari uji coba kelompok satu yaitu grafik dari EEG dan ECG menunjukkan aktivitas normal, yaitu sapi tidak merasakan rasa sakit sama sekali. Rontaan sapi saat disembelih adalah bentuk reaksi dari kejutan yang dirasakan otot sapi. Nah, bagaimana masih tidak percaya?

  1. Idul Adha = Lebaran Haji = Hari Raya Kurban
5 Fakta Unik Idul Adha, No 2 Bikin Kaget!
Idul Adha = Lebaran Haji = Hari Raya Kurban

Tidak hanya Idul Adha, di Indonesia Idul Adha sering disebut dengan beberapa nama-nama lain, yaitu Lebaran Haji dan Hari Raya Kurban. Sudah tidak asing lagi mengapa Idul Adha disebut sebagai Hari Raya Kurban. Sebab, tradisi ibadah berkurban hewan ternak ini dilakukan pada saat perayaan Idul Adha.

Lantas, bagaimana dengan Lebaran Haji? Istilah ini muncul karena pada Idul Adha, bulan Dzulhijjah banyak umat muslim yang melaksanakan ibadah Haji. Jadi, sering disebut sebagai Lebaran Haji.

  1. Awalnya yang dikurbankan manusia
5 Fakta Unik Idul Adha, No 2 Bikin Kaget!
Awalnya yang dikurbankan manusia

Sekarang, yang kita ketahui yakni hewan ternak menjadi hewan yang dikurbankan pada saat Idul Adha. Ternyata, dulu yang dikurbankan bukan hewan, melainkan manusia.

Perayaan Idul Adha diawali dari kisah seorang Nabi, yaitu Nabi Ibrahim yang menyerahkan anaknya, Ismail untuk dikurbankan atas perintah Allah. Namun, Allah tidak membiarkan hal itu terjadi. Allah meminta Ismail digantikan dengan hewan ternak untuk dikurbankan. Maka dari itu, hingga saat ini perayaan Idul Adha dilakukan dengan mengurbankan hewan ternak, bukan manusia.