HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto meminta agar kasus dugaan penyelewengan dana umat yang dilakukan oleh organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) diusut tuntas. Bahkan, ia meminta agar ACT dibubarkan apabila dugaan penyelewengan dana tersebut tebukti adanya.

“Berapa pun yang diselewengkan itu menurut saya harus ditindak, bahkan kalau perlu ya dibubarkan ACT, diaudit,” kata Yandri kepada wartawan, Selasa (5/7).

Yandri mengatakan, penindakan tegas terhadap ACT perlu dilakukan guna mengembalikan kepercayaan masyarakat yang sempat hancur. Ia tak ingin stigma masyarakat terhadap organisasi sosial dan kemanusiaan menjadi buruk hanya karena hal tersebut.

“Penyelewengan ACT ditindak hukum, memastikan penyelewenangan itu harus disanksi tegas, karena kalau tidak disanksi tegas saya khawatir trust atau kepercayaan masyarakat yang punya kepedulian sosial dapat menjadi lemah ataupun hilang, karena kalau uang mereka disalahgunakan berarti tidak sampai pada tujuan. Nah, ini jangan sampai tafsir masyarakat seperti itu,” kata dia.

Politikus PAN itu pun mendesak agar BPK segera mengaudit ulang laporan keuangan ACT. Setelahnya, Yandri meminta hasil audit tersebut disampaikan ke publik secara terbuka atau transparan.

“Perlu audit BPK dengan tujuan tertentu bisa dilakukan, karena telah lama berdiri dan menghimpun dana yang luar biasa. Jadi perlu disampaikan ke publik termasuk keterlibatan Kemensos, karena ini kan ranah Kemensos, perlu aturan yang lebih jelas untuk lembaga-lembaga filantropi,” tegasnya.