Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Awas! Puncak Omicron BA.4 dan BA.5 Makin Dekat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin memprediksi puncak Subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 akan berlangsung dalam waktu dekat, yakni di minggu kedua atau ketiga bulan Juli ini.

Menkes Budi mengatakan, prediksi itu berdasarkan puncak yang terjadi di negara lain seperti Portugal hingga Afrika Selatan.

“Jadi, karena di Indonesia itu ditemukannya sesudah Lebaran, kalau kita mengikuti pola di 3 negara lain, puncaknya kira-kira minggu kedua Juli atau minggu ketiga Juli,” kata Menkes Budi kepada wartawan, Minggu (3/7).

Berkaca pada kasus yang terjadi di negara lain, puncak dari kasus varian BA.4 dan BA.5 ini akan berlangsung hingga 28-36 hari.

Masyarakat pun diimbau untuk waspada, mengingat dalam beberapa minggu ke depan akan ada momen liburan seperti libur Idul Adha dan libur anak sekolah yang berpotensi meningkatkan mobilitas masyarakat.

Meski demikian, Menkes Budi menyebut bahwa puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini tidak lebih dari 20 ribu kasus per hari. Sebab, rata-rata kasusnya sendiri hanya 30-40 persen dari puncak Omicron sebelumnya.

“Jadi, kalau Indonesia 58 ribu sebelumnya, ya 30% lah, mungkin di bawah 20 ribu puncaknya kasus per hari. Ini kalau kita mengikuti pola yang terjadi di negara-negara lain yang sudah melampaui puncak,” lanjutnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru