Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

YouTube Keluarkan Aturan Baru Antisipasi Penipuan Melalui Platformnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Maraknya penipuan yang meniru akun resmi, YouTube akhirnya membuat keputusan untuk membuat aturan baru untuk atasi akun penyamar yang meresahkan.

Dilansir dari The Verge, Jumat (1/7), ada tiga aturan yang dibuat oleh YouTube. Pertama pembatasan tipe dan jumlah karakter spesial yang digunakan untuk kanal Youtube.

Pembatasan tersebut dikarenakan banyak penipu yang memakai karakter spesial untuk mengganti huruf. Itu dilakukan, untuk mengelabui pengguna dan mengira mereka adalah akun sungguhan.

Seperti penggunaan huruf Y yang diganti dengan simbol mata uang yen. Sehingga nama kanal YouTubenya mirip seperti akun aslinya.

Kedua, kanal tidak bisa lagi menyembunyikan jumlah pelanggan (subscriber). Penyamar sering menyembunyikan jumlah pelanggan untuk menutupi aksi mereka supaya tidak ketahuan bahwa mereka bukan akun resmi.

Melihat jumlah pengikut adalah salah satu cara mengecek apakah akun tersebut adalah, misalnya milik sosok terkenal sungguhan.

Terakhir, YouTube memperbaiki setelan untuk moderasi komentar. Pengguna bisa menyalakan pilihan meninjau komentar dan memperketat penyaringan (filter).

Pada satu sisi, cara ini diyakini bisa mengurangi komentar penipuan (scam). Tapi, pada sisi yang lain, penyaringan ini bisa menimbulkan komentar positif yang berlebihan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...

KAI Catat Peningkatan Volume Kendaraan Parkir di Lima Stasiun

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) melalui KAI Service mencatat adanya peningkatan kendaraan di area parkir stasiun. Setidaknya selama bulan Agustus 2024, peningkatan terjadi di sebanyak lima stasiun yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung Selatan, Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Bandung Utara.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru