HOLOPIS.COM, JAKARTA – Seluruh Menteri Luar Negeri anggota G20 dikdaim akan menghadiri pertemuan Foreign Minister Meeting (FMM) di Bali tanggal 7-8 Juli. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi.

“Alhamdulillah per hari ini, kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua Menteri Luar Negeri anggota G20 akan hadir di pertemuan para Menteri Luar Negeri anggota G20,” tutur Retno Marsudi melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, (1/7).

Menlu Indonesia tesebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada para Menlu anggota G20 karena kehadiran dan komitmennya untuk mewujudkan perdamaian.

Sebelumnya, Retno Marsudi mengungkap terus membangun komunikasi serta konsultasi secara terus menerus kepada anggota G20.

“Konsultasi dan komunikasi intensif terus dilakukan dengan semua negara anggota G20,” lanjutnya.

Menurut mantan Dubes RI tersebut, jalinan komunikasi harus dilakukan mengingat dunia saat ini mengalami permasalahan yang kompleks. Sehingga, perlu adanya komitmen dari negara anggota G20 untuk mewujudkan perdamaian dan kemanusiaan.

Selanjutnya, Retno Marsudi mengungkapkan bahwa saat ini dunia membutuhkan negara G20 untuk mengambil peran melalui kepemimpinannya untuk mewujudkan perdamaian dunia.

“Dunia menunggu para pemimpin G20 untuk menunjukan kepemimpinannya bagi perdamaian kemanusiaan dan kemakmuran,” tutupnya.

Perlu diketahui, FMM G20 akan membahas isu-isu yang dilihat melalui perspektif global dan politik. Sedangkan untuk pertemuan G20 November mendatang mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” dengan memilih tiga isu prioritas yang akan dibahas, yakni penguatan arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi.