HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR Fraksi PKS, Mardani Ali Sera mendesak pemerintah segera mencari pengganti Tjahjo Kumolo untuk menduduki kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Ia pun mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pengisian kursi kosong di Kabinet Indonesia Maju itu tak lebih dari 1 bulan.

“Hak Pak Jokowi untuk menyegerakan atau menunda satu bulan ke depan. Tapi jangan lebih dari satu bulan,” kata Mardani kepada wartawan, Jumat (2/7).

Ketua DPP PKS ini beralasan, kekosongan yang terlalu lama akan berdampak pada Kementerian yang dalam hal ini adalah Kemenpan RB. Sebab menurutnya, hal itu akan berpotensi memperlambat proses perbaikan di tubuh Kemenpan RB.

“Satu bulan waktu terlama untuk mengisi kekosongan. Setelah itu akan berpotensi melambat proses perbaikannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mardani mengatakan bahwa pengganti Tjahjo tak harus dari kalangan politisi partai politik. Yang terpenting, kata dia, adalah adalah mencari sosok terbaik yang mampu mengemban tugas berat terkait reformasi birokrasi.

“Cari yang terbaik. Tidak harus dari partai. Karena reformasi birokrasi satu dari lima program utama Pak Jokowi,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari Jumat (1/7) kemarin. Jenazah Tjahjo Kumolo juga sudah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta Selatan.

Jabatan MenPAN-RB untuk sementara ini masih dijabat oleh Menko Polhukam Mahfud Md. Penunjukan Mahfud sebagai Ad Interim Menpan RB sejak Tjahjo Kumolo masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.