Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizLuhut Perpanjang Sosialisasi Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi Jadi 3 Bulan

Luhut Perpanjang Sosialisasi Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi Jadi 3 Bulan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan memperpanjang masa sosialisasi penggunaan Aplikasi PenduliLindungi dalam pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR), dari yang semula 2 (dua) minggu menjadi tiga bulan.

Luhut menjelaskan, perpanjangan itu dilakukan lantaran sampai dengan saat ini, banyak pengecer yang belum mengunduh QR Code PeduliLindungi.

“Saya minta masa transisi dan sosialisasi penggunaan PeduliLindungi yang tadinya dua minggu, bisa diperpanjang selama tiga bulan. Kita harus memahami proses adaptasi yang masih dibutuhkan oleh teman-teman di lapangan,” ungkap Luhut dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/7).

Luhut menjelaskan, bahwa dengan diperpanjangnya masa sosialisasi tersebut, masyarakat tetap dapat membeli minyak goreng curah tanpa perlu menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan NIK.

Kendati demikian, Luhut meminta agar para pengecer dan pembeli MGCR segera beradaptasi dengan cara membiasakan diri untuk melakukan transaksi jual beli minyak goreng Rp14 ribuan menggunakan PeduliLindungi.

“Pemerintah juga akan terus mengembangkan penggunaan PeduliLindungi sebagai alat pengawasan dan kontrol distribusi minyak goreng untuk mengantisipasi kembali terjadinya kenaikan harga minyak goreng di pasaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Luhut berjanji akan terus mendorong penyesuaian terhadap harga MGCR di luar Jawa-Bali agar mengikuti Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah, yakni Rp14 ribu per liter atau Rp15 ribu per kilogram.

Ia pun meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera mempercepat pelaksanaan program minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita).

“Untuk mengakselerasi minyak goreng kemasan perlu diberikan insentif yang menarik bagi produsen, sehingga mereka dapat bergerak lebih cepat dan pengiriman juga menjadi lebih mudah karena dapat menggunakan jalur distribusi biasa seperti kapal kontainer, tidak harus menggunakan kapal curah,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah berencana menerapkan kebijakan baru terkait pembelian minyak goreng curah seharga Rp14 ribu harus dilakukan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau NIK. Awalnya, kebijakan tersebut akan diberlakukan setelah pemerintah melakukan sosialisasi selama 2 minggu, terhitung sejak Senin (27/6).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.