HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto meminta jajarannya di BPN untuk tetap memberikan layanan pada hari Sabtu dan Minggu atau weekend.

Permintaan ini dilakukan sebagai upaya dalam memberantas mafia tanah. sebab, dengan tetap dibukanya pelayanan pada saat weekend atau saat akhir pekan, masyarakat bisa mengurus sendiri permohonannya terkait pertanahan tanpa harus menggunakan jasa calo atau perantara.

“Sudah memberikan arahan kepada Kepala Kantah untuk menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri permohonannya serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/7).

Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat mengurus sendiri berkas permohonan terkait pertanahan tanpa terkendala oleh pekerjaan, karena dapat dilakukan pada akhir pekan.

Lebih lanjut, Hadi turut menginstruksikan kepada jajaran di Kantor Pertanahan se-Indonesia agar mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal ini terus ia tekankan, mengingat PTSL menjadi Program Prioritas Nasional (PSN) yang dapat mewujudkan seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dan terpetakan.