HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu influencer asal Papua, Syarifah Olvah Bwefar Alhamid geram dengan kelakuan orang Indonesia yang jorok dan ogah membuang sampah pada tempatnya.

Hal ini disampaikan Olvah saat merespon temuannya di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Gak ngerti lagi kenapa banyak banget dari warga +62 itu jorok banget. Pemalas banget jalan ke tempat sampah. So disgusting,” kata Olvah, Jumat (1/7).

Ia tampak merekam suasana ruang tunggu di airport tersebut. Terlihat dengan jelas banyak sekali bekas makanan berserakan ditinggal tuannya.

Kemudian, kontestan Putri Indonesia 2015 tersebut menyayangkan budaya yang tidak baik ini masih saja dilakukan oleh oknum masyarakat Indonesia.

“Nanti banjir, nyalahin pemerintah. Padahal ya emang sendirinya jorok! Duh pengen jitak,” pungkasnya.

Bukti bahwa masyarakat Indonesia masih doyang mengabaikan kebersihan lingkungan juga pernah diriset oleh Kementerian Kesehatan. Dari data riset mereka, diketahui bahwa hanya ada 20 persen dari total masyarakat Indonesia yang peduli terhadap kebersihan dan kesehatan.

Artinya, dari 262 juta jiwa di Indonesia, hanya sekitar 52 juta orang yang memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan dampaknya terhadap kesehatan.