JAKARTA, HOLOPIS.COM Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan pembekalan antikorupsi kepada para pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada, Senin (27/6).

Agenda pembekalan antikorupsi yang merupakan bagian dari program Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu ini akan belangsung di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC), Jakarta Selatan.

“Dijadwalkan Ketua KPK Firli Bahuri akan membuka kegiatan pembekalan antikorupsi untuk PDIP,” ujar Plt. Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding, Senin (27/6).

Adapun jajaran pengurus PDIP yang dikonfirmasi hadir secara langsung dalam acara tersebut diantaranya yakni tiga Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, I Made Urip, dan Mindo Sianipar, serta 11 orang pengurus lainnya. Sementara kader PDIP lainnya akan mengikuti agenda tersebut secara daring.

Ipi menjelaskan, bahwa pembekalan antikorupsi ini merupakan salah satu upaya KPK untuk mendorong terciptanya integritas yang kuat di internal partai politik (parpol).

“Kami berharap setiap parpol dapat mengikuti program ini sebagai bentuk komitmen dan keseriusan parpol untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik,” ucap Ipi.

Ia pun menilai bahwa program PCB yang ditujukan untuk para politikus ini sangatlah penting. Sebab selama ini banyak perkara korupsi yang menjerat para politikus.

Tercatat hingga Januari 2022, setidaknya sebanyak 310 perkara tindak pidana korupsi yang ditangani KPK turut melibatkan anggota DPR dan DPRD, 22 perkara melibatkan Gubernur, dan 148 perkara melibatkan Wali Kota/Bupati.

“Angka tersebut menyumbang 35 persen dari keseluruhan jumlah perkara,” kata Ipi.