Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ingin Ke Gunung Salak, Perhatikan 4 Fakta Menarik Ini

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gunung Salak merupakan gunung yang terletak di antara Bogor dan Sukabumi. Gunung ini ditangani langsung oleh Taman Nasional Gunung Halimun-Salak sejak 2003.

Saat ini, Gunung Salak memasuki usia yang cukup tua, hal ini menyebabkan gunung ini memiliki beberapa puncak, salah satunya adalah Puncak Salak I yang memiliki ketinggian 2.211 meter diatas permukaan laut.

Berikut beberapa fakta menarik Gunung Salak yang perlu kalian ketahui.

1. Termasuk dalam gunung berapi aktif

Gunung Salak dikategorikan sebagai gunung aktif. Mengapa? karena gunung ini memiliki sejumlah kawah aktif, seperti kawah Cikuluwung Putri, kawah Ratu, dan kawah Hirup. Tercatat sejak 1600-an, telah terjadi beberapa letusan. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1938 yang disebabkan oleh erupsi freatik pada kawah Cikuluwung Putri.

2. Rawan untuk penerbangan

Seorang pilot bernama Alvin Lie mengatakan kawasan Gunung Salak sering dihujani kabut. Selain kabut, cuaca buruk juga membuat turbulensi pada pesawat. Gunung di perbatasan Bogor-Sukabumi ini dinilai rawan untuk pesawat yang berukuran kecil. Tercatat sudah terjadi sembilan kali kecelakaan pesawat, termasuk insiden Sukhoi 2012.

3. Banyak jalur pendakian

Gunung Salam termasuk dalam gunung yang tergolong rendah, namun memiliki kesulitan daki yang cukup tinggi. Hal ini diduga karen karakteristik vegetasi dan medannya yang cukup terjal. Kondisi gunung yang seperti inilah yang membuat para pendaki merasa tertantang, dan kemudian terdapat banyak jalur pendakian.

4. Gunung Salak sebagai kawasan konservasi hutan hujan tropis pegunungan terluas di Pulau Jawa

Tercatat terdapat sekitar 113.357 hektar kawasan konservasi hutan hujan tropis pegunungan yang ada di Gunung Salak. Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini terletak di tiga wilayah sekaligus, yaitu Sukabumi, Lebak, dan Bogor. Taman Nasional ini dihubungkan langsung dengan hutan koridor yang terbentang 11 kilometer dari barat ke timur. Secara administratif, hutan koridor ini terletak di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Bogor.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru