TASIKMALAYA, HOLOPIS.COM Bencana banjir melandan pemukuman warga yang ada di Desa Banjarsari yang berada di Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir terjadi sejak Minggu (26/6) dini hari seteah sebelumnya hujan dengan intensitas sangat lebat dan durasi cukup lama melanda wilayah tersebut.

“Tercatat enam kepala keluarga terdampak dengan tinggi muka air (TMA) sekitar 50 hingga 100 sentimeter. Banjir tersebut juga menggenangi 85 hektar persawahan,” kata Abdul, Senin (27/6).

Abdul mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima adanya laporan korban jiwa ataupun warga yang mengungsi akibat bencana banjir tersebut.

“Pada saat kejadian, petugas lapangan langsung menerjunkan tim ke lokasi terdampak, untuk melakukan monitoring, pendataan dan evakuasi jika ada masyarakat yang ingin mengungsi ke tempat lebih aman,” tukasnya.

Merujuk prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, wilayah Kabupaten Tasikmalaya pada dua hari ke depan didominasi dengan cuaca hujan ringan sepanjang hari.

“Menanggapi hal tersebut, meskipun prakiraan cuaca hujan dengan intensitas ringan, BNPB tetap mengimbau kepada masyarakat dan perangkat daerah untuk tetap waspada dan melakukan langkah – langkah kesiapsiagaan menghadapi banjir,” imbaunya.