JAKARTA, HOLOPIS.COM – Diet kerap kali dilakukan untuk memperoleh berat badan yang ideal. Ada berbagai macam bentuk diet loh sobat Holopis, seperti diet rendah karbohidrat, diet vegan, intermitten fasting, diet ketogenik dan masih banyak lagi. Namun, sebenarnya diet yang cocok untuk kita itu diet seperti apa sih?

Menurut Ahli Gizi, Rehadyana Muslichah, diet harus dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan tubuh. Diet yang direkomendasikan harus tetap mempertimbangkan gizi seimbang. Jangan sampai sobat Holopis melakukan diet hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Melansir Alodokter, meningkatnya berat badan dikarenakan kalori yang dikonsumsi melebihi jumlah yang diperlukan oleh tubuh sehingga sisa kalori yang tidak digunakan akan disimpan dalam bentuk lemak. Oleh karenanya untuk menjaga berat dan kesehatan tubuh tetap ideal, jumlah kalori harian yang dikonsumsi harus diperhatikan berdasarkan kebutuhan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merilis kebutuhan kalori masing-masing usia, untuk remaja dibutuhkan 2000-2650 kalori, dewasa membutuhkan 2.150-2.650 kalori, serta wanita hamil dan menyusui 2.400-2.650 kalori.

Makanan yang dapat dikonsumsi untuk diet rendah kalori dan baik untuk Kesehatan tubuh ialah :

1. Lobak

Makanan yang dapat dimasukan dalam daftar menu saat diet adalah lobak, setiap 1 mangkuk lobak yang potong dadu, lobak mengandung 36 kalori, 0,13 gram lemak, dan karbohidrat sebanyak 8,36 gram.

2. Mentimun

Selain lobak, sayuran segar warna hijau ini juga mengandung kalori yang rendah loh. Setiap 100 gram mentimun kupas mengandung 12 kalori saja, 0,16 gram lemak, dan 2,16 gram karbohidrat. Oleh karenanya, mentimun dapat menjadi varian olahan diet.

3. Kembang Kol

Makanan rendah kalori selain lobak dan mentimun yang dapat dikonsumsi saat diet adalah kembang kol. Setiap 100 gram kembang kol mengandung 25 kalori, 0,1 gram lemak, dan karbohidrat sebanyak 5,3 gram.

4. Pisang

Pisang dapat menjadi varian menu diet untuk sobat Holopis, setiap 1 pisang sedang mengandung 105 kalori, 0,39 gram lemak, dan 26,95 gram karbohidrat.

5. Selada

Selada sering kali dijadikan bahan dasar pembuatan salad, hal ini bukan tanpa alasan. Setiap 100 gram selada mengandung 15 kalori, 0,15 gram lemak, dan 2,79 gram karbohidrat. Selain itu, selada juga mengandung beberapa sumber vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

6. Alpukat

Sobat Holopis pasti tidak asing lagi dengan alpukat yang masuk dalam jajaran rekomendasi menu diet. Dalam 1 alpukat mengandung 322 kalori, 29,47 gram lemak, dan 17,15 gram karbohidrat.

Sebaiknya, sobat Holopis membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam, lemak jenuh, dan gula tambahan. Sebagai anjuran dari Kementerian Kesehatan konsumsi gula dalam sehari maksimal 4 sendok makan atau 50 gram saja. Garam baiknya dikonsumsi 1 sendok teh atau 5 gram per hari, dan lemak hanya dikonsumsi 5 sendok atau 67 gram per hari.

Namun, alangkah lebih baik sobat Holopis melakukan konsultasi ke professional untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan tubuh sebelum diet. Jangan lupakan olahraga secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.