JAKARTA, HOLOPIS.COM Jeruk pomelo atau lebih dikenal sebagai Jeruk Bali memiliki banyak penggemar di Indonesia. Rasa yang khas asam-manis dan sedikit pahit menjadi ciri khas buah yang memiliki bobot 1-2 kg.

Sobat Holopis tau nggak, kalau buah ini tidak hanya cocok sebagai hidangan pencuci mulut saja, namun buah ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui, lho.

Dilansir Alodokter, Jeruk bali memiliki bentuk yang lebih besar dengan kandungan kalori lebih rendah. Menariknya, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga efektif untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Jeruk balik juga kaya akan vitamin B, karbohidat kompleks, gula, protein, serat, dan antioksidan, sehingga bermanfaat untuk kesehatan.  Salah satunya dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung.

Kandungan serat dan flavonoid yang ada pada jeruk bali juga dapat mengurangi jumlah kolestrol jahat pada tubuh dan meningkatkan kolestrol baik, sehingga jeruk yang berbentuk seperti melon ini dapat mencegah terbentuknya plak yang beresiko menyumbat pembuluh darah.

Untuk Sobat Holopis yang sedang mengandung, jeruk ini juga efektif loh untuk mengurangi rasa mual. Dalam penelitian Cut Mutiah, ditemukan senyawa flavonoid pada jeruk bali, mampu meningkatkan produksi empedu dan menetralkan asam sehingga rasa mual pada ibu hamil berkurang.

Walaupun jeruk bali ini kaya akan manfaat, sobat holopis jangan mengkonsumsi secara berlebih ya, terutama untuk yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antikejang carbamazapine, obat penurun kolestrol atorvastatin, dan obat untuk darah tinggi.

Selain itu, belum ada penelitian yang menunjukan bahwa jeruk bali dapat mengobati penyakit, oleh karena itu sobat Holopis jangan menggunakan buah ini sebagai pengganti obat dari dokter ya.