JAKARTA, HOLOPIS.COM PDIP menolak dikatakan sebagai partai yang hanya maju sendiri dalam Pilpres 2024 mendatang tanpa perlu berkoalisi dengan partai politik lainnya.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan, selama ini sebenarnya ibunya sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ingin melakukan koalisi. Dia mencontohkan, pertemuan yang berlangsung di Istana beberapa waktu lalu juga dianggap sebagai pertemuan antar pimpinan Parpol.

“Kerja sama dengan partai lain kita akan jajakin, jadi jangan karena PDIP belum ketemu sama ketua umum yang lain, kemudian dianggap nggak mau kerja sama. Toh, waktu di Istana, Ibu Megawati sudah bertemu semua ketua umum partai, cuma bersilaturahmi,” kata Puan, Sabtu (25/6).

Ketua DPR itu bahkan kemudian mengungkapkan, dirinya mendapatkan tugas khusus dari Ketua Umum untuk melakukan penjajakan dengan Ketua Umum Parpol selayaknya yang sudah dilakukan pimpinan Parpol lainnya.

“Nanti juga, saya sudah ditugaskan oleh Ibu Ketua Umum sebagai Ketua DPR, bersilatuhamilah dengan semua ketua umum. Kemarin kita baru saja selesai rakernas, sekarang sudah acara ini, cuma masalah waktu saja,” ungkapnya.

Puan kemudian beralasan, koalisi itu diperlukan untuk membangun Indonesia kedepannya.

“Untuk membangun bangsa itu nggak mungkinlah kita sendiri-sendiri, jadi kerja sama, terus kebersamaan, bergotong royong dalam membangun bangsa itu akan jadi sangat penting,” klaimnya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai siapa nama calon yang akan diajukan partai berlambang banteng moncong putih tersebut, Puan beralasan itu adalah kewenangan Megawati.

“Ya di rakernas kan kemarin sudah sampaikan, bahwa hak prerogatif untuk menentukan bacapres/bacawapres, atau capres/cawapres PDIP itu merupakan hak prerogatif dari ketua umum. Kita tunggu saja bagaimana nanti perhitungan, kemudian apa yang akan Ibu Megawati putuskan,” pungkasnya.