Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cegah Kanker Kulit, Ini Pentingnya Menggunakan Sunscreen

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Penggunaan sunscreen atau tabir surya penting untuk digunakan setiap hari. Tidak hanya lotion atau krim saja yang dapat menyerap sinar UV, namun sunscreen juga demikian.

Sinar UV atau ultraviolet memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun apabila terpapar secara berlebihan akan mengakibatkan kulit terbakar, kanker kulit, hingga gangguan kesehatan. Untuk mencegah hal-hal tersebut, terdapat cara efektif yang dapat dilakukan, yaitu dengan memakai sunscreen. Apa saja manfaat sunscreen? Berikut penjelasannya.

1. Mencegah Kulit Terbakar

Beraktivitas di luar ruangan terlalu lama dapat mengakibatkan wajah menjadi memerah. Apabila terus dilakukan akan mengakibatkan wajah menjadi belang hingga terbakar. Untuk mencegah hal itu, sunscreen menjadi solusi untuk melindungi kulit wajah kalian.

2. Mencegah Penuaan Dini

Selain mencegah kulit terbakar, sunscreen juga dapat mencegah penuaan dini. Paparan sinar UV ini dapat menimbulkan efek-efek buruk yakni munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti muncul bintik hitam, kerutan pada wajah, wajah bertekstur kasar, kulit kering, hingga garis-garis halus. Maka dari itu, gunakanlah sunscreen sebelum keluar ruangan dan aplikasikan kembali setiap 2 jam sekali.

3. Mencegah Munculnya Komedo

Sinar UV dapat memicu adanya produksi minyak secara berlebihan pada wajah, yang mengakibatkan adanya pertumbuhan komedo lebih cepat. Nah, dengan menggunakan sunscreen setiap hari akan mengurangi resiko munculnya komedo akibat sinar UV.

4. Mencegah Kanker Kulit

Paparan sinar matahari terlalu lama akan mengakibatkan efek buruk bagi kulit dikarenakan adanya radiasi UVB. Radiasi ini menjadi salah satu penyebab kulit terkena sunburn. Sunburn merupakan salah satu tanda dari adanya kerusakan pada DNA sel kulit, yang beresiko menyebabkan kanker pada kulit. Sunscreen memiliki manfaat untuk mencegah adanya pengaruh buruk dari paparan sinar matahari dan meminimalisir adanya resiko terkena kanker kulit.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru