JAKARTA, HOLOPIS.COM – Artis senior Rima Melati meninggal dunia pada hari Kamis (23/4) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat pukul 15.14 WIB. Kabar tersebut langsung diumumkan oleh sang menantu.

“Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu Rima Melati, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan, pada hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada pukul 15.14 WIB di RSPAD Jakarta Pusat,” demikian pengumuman dari menantu mendiang Rima, Marisa Tumbuan.

Sebagai informasi, Rima Melati dirawat di ICU akibat ulkus dekubitius.

Apa itu Ulkus Dekubitus?

Dilansir dari alodokter, ulkus delkubitus adalah luka karena tekanan di kulit karena posisi yang tidak berganti dalam waktu yang lama.

Beberapa area yang biasanya sering mendapat tekanan adalah tumit, siku, pinggul, dan tulang ekor. Selain itu, ulkus dekubitus juga dikenal sebagai bed sores.

Setelah terkena dekubitus, pasien biasanya semakin sulit untuk bergerak. Penderita akan berbaring di tempat tidur atau duduk di kursi roda.

Gejala Ulkus Dekubitus:

  • Perubahan tekstur dan warna kulit
  • Pembengkakan
  • Muncur cairan seperti nanah
  • Kulit terasa nyeri saat disentuh

Seseorang yang tidak dapat bergerak dalam waktu lama, di tempat tidur ataupun tempat duduk harus diperiksa rutin agar bisa mendeteksi dingin ulkus dekubitus.

Jika ditemukan, segera konsultasikan ke dokter agar langsung dilakukan perawatan luka.