JAKARTA, HOLOPIS.COM – Perhelatan FIBA Asia Cup 2022 yang digelar 12-24 Juli 2022 di Indonesia, dikabarkan bakal dihiasi dengan tur trofi.

Menurut Nirmala Dewi selaku Sekjen Perbasi mengatakan bahwa tur trofi FIBA Asia Cup 2022 ini telah mengelilingi beberapa negara peserta dan trofi tersebut akan tiba di Jakarta awal bulan Juli.

“Beberapa bulan terakhir trofi ini berkeliling ke beberapa negara-negara peserta. Dan awal bulan ini trofi sudah sampai di Jakarta dan kita akan berkeliling sekitar Jakarta,” ujarnya dalam pertemuan bersama Menpora Zainudin Amali di kantor Kemenpora, Jakarta Kamis (23/6).

“Kita akan berkeliling dari mulai kota wisata dan sebagaimya. Dan tur trofi ini didukung oleh Menpora Amali dan Kemenparekraf. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari awal Juli sampai tanggal 10 Juli,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 yakni Junas Miradiarsyah menyampaikan bahwa trofi FIBA Asia Cup saat ini sudah bergerak dari Libanon dan menuju ke Filipina yang kemudian ke Indonesia.

“Jadi kita menerima dari Filipina dan tanggal 5 trofi sudah sampai di Indonesia. Dan kita akan bawa tur piala ini untuk keliling Jakarta. Karena penyelenggraan ini kita harapkan juga partisipasi masyarakat luas dan ini juga sebagai momentum agar bola basket semakin digemari oleh masyarakat,” ucap Junas.

Selain itu, menjelang FIBA Asia Cup 2022 nanti, tepatnya pada Mingu (10/7) dikabarkan bakal ada acara Parade Dribble 2022 Bola.

Acara tersebut rencananya akan dibawa langsung oleh anak-anak komunitas pecinta bola basket, di mana hal tersebut akan dilakukan saat Car Free Day dengan Thamrin 10 sebagai titik pertama, lalu keluar ke Jalan Thamrin di CFD dan mengarah ke gedung Sapta Pesona, kemudian ke Monas.

Sebagai informasi bahwa trofi tersebut akan saling diperebutkan oleh 16 tim peserta FIBA Asia Cup 2022 yang di antaranya adalah Indonesia selaku tuan rumah, Australia yang merupakan juara bertahan, Bahrain, Tiongkok, China Taipei, India, Iran, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Lebanon, Selandia Baru, Filipina, Arab Saudi, Suriah.