JAKARTA, HOLOPIS.COM – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI telah memastikan bahwa Indonesia siap menggelar FIBA Asia Cup 2022.

Seperti yang telah diketahui bersama, perhelatan FIBA Asia Cup 2022 itu sendiri akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta pada 12-24 Juli 2022 mendatang, di mana persiapan yang ada telah berjalan dengan baik dan dinilai siap untuk menyelenggarakan event bola basket terbesar di Asia tersebut.

“Jadi 18 hari lagi kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022, tetapi sebelum menuju 18 hari itu ada rangkaian-rangkaian yang akan dilakukan oleh Perbasi dan panitia, tentu tetap terkait dengan itu (FIBA Asia Cup). Nah dari informasi dan laporan yang disampaikan baik oleh Perbasi maupun oleh panitia sepertinya kita sudah siap (menjadi pelaksana),” ujar Menpora Amali dalam pertemuannya dengan Ketum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih, Sekjen Perbasi yakni Nirmala Dewi dan Junas Miradiarsyah selaku Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 di kantor Kemenpora, Jakarta Kamis (23/6).

Lanjut keterangannya, Menpora Amali menyampaikan bahwa kesiapan tersebut tak hanya sekadar sukses penyelenggaraannya, namun juga sukses prestasi dan sukses secara administrasi.

“Tentu kesiapan kita akan berujung kepada kesuksesan, pertama sukses penyelenggaraan, sukses yang kedua adalah sukses prestasi tim nasional kita, artinya dia harus bisa lolos ke FIBA World Cup dan yang ketiga selalu saya tekankan adalah kesuksesan dari sisi administrasi. Kita tidak ingin yang nomor 1 dan nomor 2 sukses. Tetapi secara administrasi kita tidak sukses,” lanjutnya.

Dalam hal ini, Danny Kosasih selaku Ketum Perbasi menyampaikan, timnas basket Indonesia yang baru mendapatkan medali emas SEA Games segera berangkat ke Australia untuk menggelar uji coba selama 10 pertandingan. Dari 10 pertandingan, delapan laga telah dilalui dengan lima menang dan tiga kekalahan.

“Setelah pulang (dari Australia), kami mempersiapkan tim nasional untuk masuk ke FIBA qualifiers tanggal 1 Juli. Jadi, saya kira tim nasional kita sudah siap untuk masuk ke FIBA kualifikasi maupun persiapan untuk FIBA World Cup nanti,” ujar Danny.

Ada pun pernyataan positif datang dari Junas Miradiarsyah selaku Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 yang mengatakan bahwa prestasi timnas basket Indonesia perlu ditingkatkan pasca raih medali emas SEA Games 2022 sebelumnya.

“Kita tahu bahwa momentum basket Indonesia dari SEA Games kemarin luar biasa dan perlu ditingkatkan, tidak hanya dipertahankan, tapi perlu ditingkatkan prestasi dan juga penyelenggaraan,” ujar Junas.

Junas juga menyampaikan laporannya kepada Menpora Amali bahwa aspek penyelenggaraan sudah sangat siap.

“Dari aspek persiapan sendiri, untuk infrastruktur tidak ada masalah karena penyelenggaraan menggunakan Istora aau fasilitas yang sudah pernah dilakukan atau sudah pernah digunakan pada saat Asean Games sebelumnya, tinggal menambah unsur layout dan dekorasi. Kemudian dari aspek lainnya juga sudah sangat siap,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Junas pun mengungkapkan, minggu depan sebelum tanggal 12 Juli akan ada pertandingan kualifikasi World Cup yakni tanggal 1-4 Juli 2022 di Istora Senayan, serta akan kedatangan dua tim yaitu Arab Saudi dan Yordania.

“Direncanakan hadir di Indonesia tanggal 27 sehingga di tanggal tersebut pun kita secara persiapan juga sudah seperti yang direncanakan dan penyelenggaraan tanggal 1 sampai tanggal 4 itu merupakan bagian dari tes even kita untuk menyempurnakan hingga tanggal 12 nanti lebih siap,” lanjutnya.